Lestarikan Mangrove, FMIPA Jajaki Kerjasama Dengan LSM Internasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Februari 2017 . 12:25:15

 

GORONTALO - Provinsi Gorontalo merupakan salah satu wilayah yang memiliki luas hutan mangrove yang cukup besar. Dan sebagai upaya melestarikannya, Universitas Negeri Gorontalo bersama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berupaya menjajaki kerjasama dengan IUCN yakni LSM Internasional yang bergerak dalam restorasi kawasan Mangrove berbasis di Thailand.

Rencana penjajakan kerjasama tersebut dilakukan dalam pertemuan yang dilakukan Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, yang didampingi Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, bersama tim perwakilan IUCN Lie Jia dan Benyamin Brown, Selasa (21/2), di TC Damhil UNG.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, mengungkapkan, rencana kerjasama dengan IUCN merupakan salah satu bentuk komitmen dari UNG khususnya FMIPA dalam mendukung pelestarian kawasan mangrove di Provinsi Gorontalo. Terlebih hutan mangrove, memiliki banyak kelebihan dan sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat.

"Kami ingin kerjasama dengan IUCN dapat mendukung upaya FMIPA dalam melakukan pelestarian kawasan mangrove. Terlebih dibeberapa daerah di Gorontalo khususnya di daerah tanjung panjang, kawasan mangrove sudah 70 persen menghilang. Padahal mangrove tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

Selain untuk mendukung konservasi kawasan mangrove di Gorontalo, melalui kerjasama ini FMIPA juga ingin mendukung peningkatan kemampuan dan pemahaman mahasiswa tentang lingkungan khususnya berkaitan dengan mangrove. "Beberapa jurusan yang dimiliki FMIPA memiliki kaitan erat dengan Mangrove, sehingga dapat mendukung peningkatan pengetahuan mahasiswa. Dan kerjasama juga diharapkan dapat mendukung eksistensi pusat studi lingkungan FMIPA," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61