Lestarikan Mangrove, FMIPA Jajaki Kerjasama Dengan LSM Internasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Februari 2017 . 12:25:15

 

GORONTALO - Provinsi Gorontalo merupakan salah satu wilayah yang memiliki luas hutan mangrove yang cukup besar. Dan sebagai upaya melestarikannya, Universitas Negeri Gorontalo bersama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berupaya menjajaki kerjasama dengan IUCN yakni LSM Internasional yang bergerak dalam restorasi kawasan Mangrove berbasis di Thailand.

Rencana penjajakan kerjasama tersebut dilakukan dalam pertemuan yang dilakukan Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, yang didampingi Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, bersama tim perwakilan IUCN Lie Jia dan Benyamin Brown, Selasa (21/2), di TC Damhil UNG.

Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, mengungkapkan, rencana kerjasama dengan IUCN merupakan salah satu bentuk komitmen dari UNG khususnya FMIPA dalam mendukung pelestarian kawasan mangrove di Provinsi Gorontalo. Terlebih hutan mangrove, memiliki banyak kelebihan dan sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat.

"Kami ingin kerjasama dengan IUCN dapat mendukung upaya FMIPA dalam melakukan pelestarian kawasan mangrove. Terlebih dibeberapa daerah di Gorontalo khususnya di daerah tanjung panjang, kawasan mangrove sudah 70 persen menghilang. Padahal mangrove tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

Selain untuk mendukung konservasi kawasan mangrove di Gorontalo, melalui kerjasama ini FMIPA juga ingin mendukung peningkatan kemampuan dan pemahaman mahasiswa tentang lingkungan khususnya berkaitan dengan mangrove. "Beberapa jurusan yang dimiliki FMIPA memiliki kaitan erat dengan Mangrove, sehingga dapat mendukung peningkatan pengetahuan mahasiswa. Dan kerjasama juga diharapkan dapat mendukung eksistensi pusat studi lingkungan FMIPA," tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0