Laboratorium Radio Penyuluhan Pertanian UNG Perjuangkan Izin Tetap Lembaga Penyiaran

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 31 Mei 2018 . 15:19:00

 

GORONTALO – Salah satu lembaga penyiaran komunitas yang digawangi oleh Fakultas Pertanian UNG yakni Laboratorium Radio Penyuluhan Pertanian Jurusan Agribisnis tengah berjuang untuk memperloleh izin tetap sebagai lembaga penyiaran swasta. Upaya itu dilakukan melalui verifikasi sekaligus visitasi langsung oleh tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), terkait uji coba evaluasi siaran laboratorium radio, Rabu (30/5).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Faperta Wawan Tolinggi, SP, M.Si menuturkan, tahapan uji coba siaran oleh Kemkominfo memverifikasi 3 hal terkait keberadaaan radio Fakultas Pertanian. Yakni meliputi verifikasi administrasi, verifikasi teknis dengan melibatkan perangkat dari Kementerian serta verifikasi konten siaran oleh Komisi Penyiaran Indonesia.

“verifikasi Ini merupakan tahapan wajib yang harus dilalui oleh laboratorium radio, dalam meningkatkan statusnya dari siaran radio uji coba untuk memperoleh izin tetap dari Kementerian menjadi lembaga penyiaran swasta,” ungkap Wawan.

Menurut Wawan laboratorium radio penyuluhan pertanian telah dirintis lama oleh Faperta sejak tahun 2010 silam dan saat ini masih pada radio komunitas. Ini dikarenakan radio penyuluhan lebih terfokus pada bidang pendidikan utamanya pertanian, sekaligus mewadahi kelompok tani menjadi binaan Fakultas yang dibangun melalui radio komunitas.

“Dari seluruh persyaratan baik itu meliputi administrasi, perangkat teknis maupun konten telah dilakukan dan disiapkan, insyaallah dengan kesiapan ini izin tetap bisa segera kita peroleh,” harap Wawan.

Lebih lanjut dijelaskan Wawan dalam aktifitas penyiaran, konten Laboratorium radio lebih dominan dan terfokus pada hal-hal berkaitan dengan pertanian, seperti best praktis petani sukses, siaran-siaran pedesaan, pembinaan dan penyuluhan pertanian maupun hal-hal terkait perkuliahan.

“Untuk teknis pengoperasiannya dibawahi langsung oleh jurusan Agribisnis, dengan personil serta crew dari para dosen dan mahasiswa sebagai laboratorium pembelajaran. Untuk kegiatan penyiaran kita lakukan setiap harinya,” jelasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61