Kuliah Umum FSB Bahas Kebudayaan Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 8 September 2015 . 15:40:04

GORONTALO – Mengawali dimulainya aktifitas akademik pada semester ganjil tahun 2015/2016, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo menggelar Kuliah Umum terkait dengan kebudayaan Gorontalo, Senin (7/9). Di Perpustakaan Pusat UNG. Kegiatan yang diikuti seluruh mahasiswa FSB tersebut menghadirkan Ketua Dewan Adat Prov. Gorontalo Dr. Karim Pateda, MM sebagai narasumber utama.

Dekan Fakultas Sastra dan Budaya Dr. Harto Malik, M.Hum mengatakan, Forum ilmiah merupakan salah satu agenda wajib yang dilaksanakan FSB setiap tahunnya dalam mengawali rangkaian kegiatan akademik mahasiswa, dengan menghadirkan berbagai praktisi diberbagai bidang kajian.

“Agenda ini sangat penting sebagai materi awal dalam memberikan pencerahan serta pengetahuan baru bagi mahasiswa setelah sebelumnya menjalani libur semester,” ungkap Harto.

Lebih lanjut Harto menjelaskan, dipilihnya budaya Gorontalo sebagai kajian utama kuliah umum, didorong adanya kecemasan dari kalangan civitas akademikan tentang kurangnya keaktifan masyarakat terutama para remaja dalam melestarikan bahasa daerah Gorontalo. Terlebih saat ini para remaja khususnya mahasiswa terkesan enggan untuk menggunakan Bahasa Gorontalo dalam berkomunikasi antar sesame masyarakat Gorontalo.

“Ini sebagai upaya untuk merangsang kembali pengetahuan serta keinginan kaum muda dalam berpartisipasi aktif melestarikan bahasa Gorontalo, yang saat ini semakin tergerus dengan budaya asing,” terang Harto.

Dikatakan Harto, sebagai institusi yang bertanggung jawab dalam kebudayaan daerah, FSB ingin mengambil peran penting sebagai pelopor dalam melestarikan kebudayaan Gorontalo khususnya dalam hal berbahasa Gorontalo. Salah satu langkah yang akan dilakukan dengan melakukan berbagai kajian ilmiah tentang kebudayaan daerah dengan melibatkan seluruh mahasiswa FSB.

“Meski terdiri dari mahasiswa dengan multietnis bukanlah halangan dalam melestarikan budaya Gorontalo. Karena mahasiswa dari etnis lainnya dapat turut berpartisipasi melestarikan dengan mengambil peran sebagai penikmat kebudayaan Gorontalo,” pungkas Harto. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61