Kuliah Umum Fatek

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Maret 2016 . 08:21:57

Permantap Pemahaman Mahasiswa Tentang Augmented Reality

 

 

GORONTALO – Sebagai salah satu jurusan yang bergelut perkembangan dunia teknologi, membuat jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo terus berupaya mengupgrade kualitas pengetahuan mahasiswa di lingkungannya. Upaya tersebut diantaranya dengan menggelar kuliah umum dan workshop terkait perkembangan teknologi Augmented Reality (AR), Rabu (2/3), dengan menghadirkan pakar teknologi AR dari Telkom University.

Ketua Panitia Kuliah Umum dan Workshop Dian Novian, S.Kom, MT., mengungkapkan, dipilihnya teknologi Augmented Reality sebagai topik utama kuliah umum, dikarenakan teknologi tersebut merupakan teknologi yang baru saja berkembang, dan belum terlalu familiar bagi masyarakat di Indonesia Bagian Timur.

Augmented Reality sendiri kata Dian, merupakan perkembangan teknologi yang merupakan penggabungan dari teknologi 2 dimensi dan teknologi 3 dimensi, yang mampu menghasilkan objek yang begitu nyata. Pengunaan teknologi, telah banyak dimanfaatkan masyarakat luas seperti National Geograpic, dalam membedah struktur tulang-belulang dari hewan purbakala seperti dinosaurus.

“Pihak jurusan ingin terus memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang perkembangan teknologi terbaru. Karena pendalaman pngetahuan diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam pengerjaan tugas akhir mereka nanti,” ujar Dian.

 

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UNG Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom., mengatakan, pembaruan pengetahuan mahasiswa melalui kegiatan kuliah umum dan workshop sangat penting untuk terus dilakukan. Karena sebagai masyarakat yang intelektual, mahasiswa dituntut harus beberapa langkah lebih maju dibandingkan dengan masyarakat terkait pengetahuan perkembangan teknologi.

“Mahasiswa Informatika harus selalu terdepan dalam mengetahui perkembangan teknologi, dan juga harus senantiasa mengamalkan pengetahuan ke masyarakat. Agar nantinya masyarakat dapat mengenal jurusan teknik informatika sebagai salah satu jurusan terdepan dalam perkembagnan teknologi,” tandas Hidayat.

Kuliah umum dan workshop terkait perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) menghadirkan pemateri yang juga dosen Telkom University Rahmadi Wijaya, S.Si, MT., serta Risya, S.Kom, MT.,. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0