Kualitas Pengelolaan Arsip UNG Terus Didorong Agar Lebih Optimal

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 Mei 2018 . 11:45:11

 

GORONTALO – Penguatan peran kearsipan tengah gencari dilakukan Universitas Negeri Gorontalo dalam mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan berkualitas. Upaya perbaikan pengelolaan arsip tersebut, diwujudkan dengan akan diterapkannya Sistem Informasi Kerasipan Dinamis (SIKD) di lingkungan UNG.

Untuk memaksimalkan pemanfaatan sistem kearsipan tersebut, UPT. Kerasipan UNG berinisiatif melakukan Bimbingan Teknis Implementasi Sistem Informasi Kerasipan Dinamis (SIKD) bagi seluruh tenaga kependidikan UNG, Senin (30/4).

Menurut Kepala UPT. Kearsipan UNG Dra. Masita Kadir, M.Pd, Sistem Informasi Kerasipan Dinamis merupakan salah satu inovasi dalam proses pengeloaan arsip UNG, dengan memanfaatkan sistem berbasis online. “Sistem Informasi Kerasipan Dinamis (SIKD) menjadi salah satu terobosan untuk lebih memaksimalkan pengelolaan arsip di UNG. Sehingga kedepan dalam pemanfaatan data arsip akan lebih efisien,” ungkap Masita.

Melalui pelaksanaan Bimtek kata Masita, UPT. Kearsipan ingin lebih meningkatkan pemahaman Tenaga Kependidikan akan pentingnya dokumen arsip serta menjamin keselamatannya sebagai sebuah aset institusi. “Sekaligus memperbaiki kualitas penataan, pengelolaan arsi secara internal melalui pemanfaatan aplikasi berbasis online tersebut,” ujar Masita.

Sementara itu Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengapresiasi langkah UPT. Kearsipan, yang terus berinisiatif meningkatkan kualitas pelayanan kerarsipan lebih modern melalui pemanfataan teknologi informasi. Menurut Rektor pada perkembangan zaman seperti saat ini, Kearsipan harus mampu berkembang dalam memaksimalkan perannya, melalui pengelolaan data arsip secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Lebih lanjut dikatakan Rektor, Kearsipan merupakan bagian penting dari sebuah institusi khususnya Perguruan Tinggi. Karena pentingnya keberadaan Kearsipan, pengelolaannya pun harus lebih moderen khususnya berbasis digital tidak lagi berbentuk kertas.

“Dengan memanfaatkan teknologi melalui Sistem Informasi Kerasipan Dinamis, diharapkan kualitas pengelolaan arsip di UNG akan semakin aman dan optimal, serta lebih efektif dan efisien,” harap Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61