Kosika “Ponuwa” Termasuk Koperasi Sehat dan Baik

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Maret 2016 . 09:11:00

 

GORONTALO – Semakin baiknya sistem pengelolaan Koperasi Kosika “Ponuwa” sebagai Koperasi yang bernaung di Universitas Negeri Gorontalo, mendapat pengakuan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Penanaman Modal (Dinas Perindagkop, UMKM dan PM) Kota Gorontalo. Ini karena selama menjalankan fungsinya dibidang koperasi, Kosika “Ponuwa” termasuk dalam kategori sehat, dengan baiknya pengelolaan kegiatan pengelolaan keuangan kepada seluruh anggota.

“Berdasarkan penilaian yang dilakukan Bidang Koperasi, Koperasi Kosika “Ponuwa” termasuk koperasi yang sehat dan baik. Karena selama menjalankan aktifitasnya, tidak terdapat permasalahan yang terjadi dalam pengelolaa keuangan,” ungkap Sekretaris Dinas Perindagkop, UMKM dan PM Kota Gorontalo Hafid Yahya, S.Ag, saat memberikan sambutan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kosika “Ponuwa” Tahun Buku 2015, Sabtu (19/3). Di Graha Misfallah Kota Gorontalo.

Menurut Hafid, dilihat dari perkembangan Koperasi Kosika “Ponuwa” selama beberapa tahun terakhir terus menunjukkan perkembangan yang semakin baik. Perkembangan tersebut diantaranya dengan terjadinya peningkatan pada pengelolaan koperasi yang cukup signifikan, yang dibuktikan dengan naiknya nilai Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh pada tahun buku 2015.

Sementara itu, baiknya penilaian yang disematkan Dinas Perindagkop, UMKM dan PM kepada Koperasi Kosika “Ponuwa” UNG mendapat apresiasi dari Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP,. Menurutnya, baiknya pengelolaan koperasi tersebut bukan hanya keberhasilan dari pengurus koperasi semata, namun juga tidak lepas dari dukungan dari seluruh anggota koperasi yang bernaung didalamnya.

“Dengan baiknya sinergitas antara pengurus dan anggota koperasi, tentunya dapat mewujudkan pengelolaan koperasi yang baik. Karena tanpa dukungan yang baik dari para anggota, kinerja dari pengurus tidak akan berjalan maksimal,” terang Mahludin.

Sebelumnya, Ketua Pengelolaan Koperasi Kosika “Ponuwa” Dr. Nawir Sune, M.Si, melaporkan, selain mengalami peningkatan SHU yang cukup signifikan, pada tahun buku 2015 Koperasi Kosika “Ponuwa” juga peningkatan jumlah anggota yang saat ini mencapai 878 orang. Selain itu kata Nawir, pengurus juga terus berupaya melakukan peningkatan kualitas layanan dengan menerapkan pelayanan berbasis IT, serta berkeinginan untuk membuka usaha lain, untuk meningkatkan eksistensi Koperasi.

“Saat ini unit usaha yang ada di Koperasi Kosika “Ponuwa” masih sebatas kegiatan simpan pinjam, dan Insya Allah pada tahun ini pengurus berencana untuk melebarkan sayap dalam pelayanan diantaranya dengan membuka usaha travel dan agen pelayanan Bank BNI,” tandas Nawir. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61