Kosika “Ponuwa” Termasuk Koperasi Sehat dan Baik

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Maret 2016 . 09:11:00

 

GORONTALO – Semakin baiknya sistem pengelolaan Koperasi Kosika “Ponuwa” sebagai Koperasi yang bernaung di Universitas Negeri Gorontalo, mendapat pengakuan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Penanaman Modal (Dinas Perindagkop, UMKM dan PM) Kota Gorontalo. Ini karena selama menjalankan fungsinya dibidang koperasi, Kosika “Ponuwa” termasuk dalam kategori sehat, dengan baiknya pengelolaan kegiatan pengelolaan keuangan kepada seluruh anggota.

“Berdasarkan penilaian yang dilakukan Bidang Koperasi, Koperasi Kosika “Ponuwa” termasuk koperasi yang sehat dan baik. Karena selama menjalankan aktifitasnya, tidak terdapat permasalahan yang terjadi dalam pengelolaa keuangan,” ungkap Sekretaris Dinas Perindagkop, UMKM dan PM Kota Gorontalo Hafid Yahya, S.Ag, saat memberikan sambutan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kosika “Ponuwa” Tahun Buku 2015, Sabtu (19/3). Di Graha Misfallah Kota Gorontalo.

Menurut Hafid, dilihat dari perkembangan Koperasi Kosika “Ponuwa” selama beberapa tahun terakhir terus menunjukkan perkembangan yang semakin baik. Perkembangan tersebut diantaranya dengan terjadinya peningkatan pada pengelolaan koperasi yang cukup signifikan, yang dibuktikan dengan naiknya nilai Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh pada tahun buku 2015.

Sementara itu, baiknya penilaian yang disematkan Dinas Perindagkop, UMKM dan PM kepada Koperasi Kosika “Ponuwa” UNG mendapat apresiasi dari Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP,. Menurutnya, baiknya pengelolaan koperasi tersebut bukan hanya keberhasilan dari pengurus koperasi semata, namun juga tidak lepas dari dukungan dari seluruh anggota koperasi yang bernaung didalamnya.

“Dengan baiknya sinergitas antara pengurus dan anggota koperasi, tentunya dapat mewujudkan pengelolaan koperasi yang baik. Karena tanpa dukungan yang baik dari para anggota, kinerja dari pengurus tidak akan berjalan maksimal,” terang Mahludin.

Sebelumnya, Ketua Pengelolaan Koperasi Kosika “Ponuwa” Dr. Nawir Sune, M.Si, melaporkan, selain mengalami peningkatan SHU yang cukup signifikan, pada tahun buku 2015 Koperasi Kosika “Ponuwa” juga peningkatan jumlah anggota yang saat ini mencapai 878 orang. Selain itu kata Nawir, pengurus juga terus berupaya melakukan peningkatan kualitas layanan dengan menerapkan pelayanan berbasis IT, serta berkeinginan untuk membuka usaha lain, untuk meningkatkan eksistensi Koperasi.

“Saat ini unit usaha yang ada di Koperasi Kosika “Ponuwa” masih sebatas kegiatan simpan pinjam, dan Insya Allah pada tahun ini pengurus berencana untuk melebarkan sayap dalam pelayanan diantaranya dengan membuka usaha travel dan agen pelayanan Bank BNI,” tandas Nawir. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0