Kongres Kebudayaan Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Oktober 2016 . 09:13:00

Wujud Komitmen UNG Lestarikan Budaya Leluhur Gorontalo 

 

 

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki komitmen dalam melestarikan kebudayaan khususnya di Gorontalo. Komitmen tersebut bahkan tertuang dalam visi UNG di 2035, sebagai Leading University dalam pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi Regional dikawasan Asia Tenggara.

Bahkan untuk semakin menggairahkan geliat pelestarian kebudayaan di Gorontalo, UNG bakal menggagas event kebudayaan berupa Kongres Kebudayaan Gorontalo. Dimana dalam kongres tersebut akan menghelat seminar kebudayaan, aksi sosial berkaitan dengan kebudayaan dan juga penganugerahan adat bagi masyarakat yang berperan besar melestarikan adat Gorontalo.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, selain merupakan bagian dari visi UNG kedepan, diangkatnya topik kebudayaan menjadi salah satu komitmen UNG dalam melestarikan kebudayaan sebagai kekayaan leluhur masyarakat Gorontalo. Terlebih dengan pesatnya perkembangan jaman, kebudayaan sebagai penciri daerah dan bangsa mulai tergerus keberadaannya.

"Melestarikan kebudayaan merupakan kewajiban seluruh masyarakat. Namun UNG sebagai lembaga pendidikan, sudah seharusnya mengambil peran lebih besar dalam mendorong masyarakat," ungkap Rektor saat membuka Rapat Koordinasi persiapan Kongres Kebudayaan, Kamis (27/10), di ruang rapat Rektor.

UNG juga kata Rektor, melalui Kongres Kebudayaan akan memberikan penghargaan serta gelar adat tersendiri bagi masyarakat maupun kalangan akademisi, yang memiliki peran besar dalam melestarikan beragam kebudayaan milik masyarakat Gorontalo.

"Saat ini banyak masyarakat yang berjasa dalam pelestarian budaya Gorontalo. Namun belum banyak dari mereka, yang diberi penghargaan khususnya gelar adat karena jasanya dalam pelestarian budaya kita," ujar Rektor.

Pada kongres juga nantinya akan mengukuhkan forum Pemuda Budaya Gorontalo yang terdiri dari organisasi kepemudaan, siswa sekolah maupun mahasiswa, yang akan mengawal pelestarian kebudayaan Gorontalo.

"Permasalahan budaya identik dengan topik bahasan orang tua, dan anak muda jarang sekali dilibatkan. Sehingga sudah saatnya anak muda Gorontalo kita libatkan untuk ambil bagian dalam melestarikan budaya. Karena mereka juga memiliki tanggung jawab akan hal itu," tandas Rektor. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0