Kongres Kebudayaan Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Oktober 2016 . 09:13:00

Wujud Komitmen UNG Lestarikan Budaya Leluhur Gorontalo 

 

 

GORONTALO - Universitas Negeri Gorontalo merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki komitmen dalam melestarikan kebudayaan khususnya di Gorontalo. Komitmen tersebut bahkan tertuang dalam visi UNG di 2035, sebagai Leading University dalam pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi Regional dikawasan Asia Tenggara.

Bahkan untuk semakin menggairahkan geliat pelestarian kebudayaan di Gorontalo, UNG bakal menggagas event kebudayaan berupa Kongres Kebudayaan Gorontalo. Dimana dalam kongres tersebut akan menghelat seminar kebudayaan, aksi sosial berkaitan dengan kebudayaan dan juga penganugerahan adat bagi masyarakat yang berperan besar melestarikan adat Gorontalo.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, selain merupakan bagian dari visi UNG kedepan, diangkatnya topik kebudayaan menjadi salah satu komitmen UNG dalam melestarikan kebudayaan sebagai kekayaan leluhur masyarakat Gorontalo. Terlebih dengan pesatnya perkembangan jaman, kebudayaan sebagai penciri daerah dan bangsa mulai tergerus keberadaannya.

"Melestarikan kebudayaan merupakan kewajiban seluruh masyarakat. Namun UNG sebagai lembaga pendidikan, sudah seharusnya mengambil peran lebih besar dalam mendorong masyarakat," ungkap Rektor saat membuka Rapat Koordinasi persiapan Kongres Kebudayaan, Kamis (27/10), di ruang rapat Rektor.

UNG juga kata Rektor, melalui Kongres Kebudayaan akan memberikan penghargaan serta gelar adat tersendiri bagi masyarakat maupun kalangan akademisi, yang memiliki peran besar dalam melestarikan beragam kebudayaan milik masyarakat Gorontalo.

"Saat ini banyak masyarakat yang berjasa dalam pelestarian budaya Gorontalo. Namun belum banyak dari mereka, yang diberi penghargaan khususnya gelar adat karena jasanya dalam pelestarian budaya kita," ujar Rektor.

Pada kongres juga nantinya akan mengukuhkan forum Pemuda Budaya Gorontalo yang terdiri dari organisasi kepemudaan, siswa sekolah maupun mahasiswa, yang akan mengawal pelestarian kebudayaan Gorontalo.

"Permasalahan budaya identik dengan topik bahasan orang tua, dan anak muda jarang sekali dilibatkan. Sehingga sudah saatnya anak muda Gorontalo kita libatkan untuk ambil bagian dalam melestarikan budaya. Karena mereka juga memiliki tanggung jawab akan hal itu," tandas Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61