Kompetisi Debat Wadah Mengasah Kemampuan Berargumen dan Berkomunikasi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 Juni 2021 . 15:05:17

GORONTALO – Kompetisi National University Debating Championship (NUDC) tingkat Universitas kembali dilaksanakan Kampus Merah Maron, untuk menjaring Mahasiswa terbaik yang akan menjadi wakil UNG pada kompetisi tingkat Nasional.

Sebagai salah satu kegiatan yang dilaksanakan bidang Kemahasiswa, kompetisi Debat menurut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Karmila Mahmud, MA, Ph.D, menjadi kegiatan penting yang harus diikuti oleh Mahasiswa.

“Mahasiswa berada pada usia yang sangat kritis dan memiliki keinginan idealis, sehingga diperlukan wadah mengekpresikan semunya itu diantaranya melalui kompetisi Debat,” ungkap Karmila.

Dengan mengikuti debat kata Karmila, Mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa berkompetisi sekaligus mengasah kemampuan berbahasa, beargumen serta berkomunikasi yang seluruhnya akan sangat dibutuhkan ketika terjun di Masyarakat.

“Apalagi ketika bahasa dan komunikasi tersebut digunakan dalam Bahasa Internasional maka lingkup dan manfaat yang akan didapatkan Mahasiswa akan lebih besar,” jelasnya.

Kemampuan berargumen sangat penting agar Mahasiswa bisa menghasilkan keputusan yang logis berdasarkan fakta. “Pada kegiatan semacam ini kemampuan tersebut akan dilatih dan diasah, olehnya manfaatkan kesempatan ini untuk berkompetisi dan mengasah diri serta kemampuan untuk menjadi individu berkualitas,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61