KNPM Instrumen Pengembangan Karakter dan Mental

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 12 Agustus 2015 . 10:55:00

 

GORONTALO – Konferensi Nasional Pendidikan Matematika (KNPM) VI yang digelar Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yang bekerja sama dengan Indonesian Mathematical Society (IndoMS), merupaka sebuah isntrumen yang kaitannya dengan pengembangan karakter dan pengembangan mental.

“Mengingat karakter diperlukan dan berpotensi dikembangkan dari setiap aktifitas akademik, pengembangan kultur akademik dari suatu proses pendidikan, adalah diwujudkan melalui ranah pendidikan termasuk pendidikan matematika,” ungkap Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, selaku ketua Panitia KNMP IV.

Prof. Evi juga menuturkan, bahwa kultur akademik yang baik, akan menjadi lahan untuk tumbuh berkembangnya masyarakat ilmiah. Yakni masyarakat peserta didik yang memiliki pengetahuan yang tinggi, logis, kritis, objektif, analisis, kreatif dan konstruktif, serta percaya diri, terbuka menerima kiritik, menjunjung tinggi tradisi norma akademik dan berorientasi pada masa depan.

“KNMP IV ini diniatkan untuk dapat memberikan sumbangsih pemikiran, meneguhkan harapan tumbuhnya kultur akademik dan menggaungkan semangat revolusi mental melalui matematikan dan pendidikan matematika,” terang Prof Evi.

Niat tersebut kata Evi harus senantiasa diikhtiarkan secara bertahap serta berkesinambungan. Dimana Berbagai rangkaian kegiatan ilmiah yang terdapat pada kegiatan KNPM kali ini, diharapkan dapat menjadi sebuah wahana instrumental, dalam rangka menyongsong Indonesia emas tahun 2045 serta generasi masyarakat Indonesia yang berkarakter.

Lebih lanjut kata Evi, Dengan mengusung tema utama yakni mewujudkan kultur akademik dan revolusi mental melalui matematika dan pendidikan matematika, nantinya akan menghasilkan sebuah rekomendasi. Melalui sebuah kajian bersama seluruh peserta kongres terkait pengembangan karakter khususnya pengembangan kultur akademik melalui pendidikan matematika dalam rangka implementasi revolusi mental. “Rekomendasi tersebut nantinya akan diusulkan kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan kultur akademik pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan matematika,” terang Evi. #

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61