KIP Anugerahi UNG Sebagai Badan Publik Cukup Informatif

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 November 2018 . 16:07:00

 

 

GORONTALO - Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia memberikan penghargaan bagi Universitas Negeri Gorontalo pada ajang penganugerahan keterbukaan informasi Badan Publik tahun 2018, Senin (5/11), di Gedung Sekretariat Wakil Presiden RI. Penganugerahan diberikan KIP RI kepada UNG yang termasuk dalam badan publik kategori cukup informatif dalam implementasi keterbukaan informasi publik.

Ajang penganugerahan tahunan yang diberikan oleh KIP RI kepada Badan Publik seluruh Indonesia tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KIP RI Gede Narayana kepada Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, yang disaksikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas UNG Lenny Muda, SH, mengungkapkan, penganugerahan tersebut diberikan KIP RI sebagai bentuk apresiasi atas komitmen UNG dalam penerapan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat. Dijelaskan Lenny penganugerahan tahun ini melibatkan 460 badan publik di Indonesia salah satunya Badan Publik Perguruan Tinggi yang mencapi 134 Perguruan Tinggi.

"Untuk proses penilaiannya kata Lenny dilakukan melalui pengisian kuesioner monitoring dan evaluasi serta tahapan presentasi dihadapan komisioner KIP RI," ungkap Lenny.

Dikatakan Lenny terdapat 3 kategori penganugerahan yang diberikan yakni badan publik informatif, menuju informatif dan cukup informatif. "Untuk kategori cukup informatif, UNG termasuk salah satu dari 18 Badan publik perguruan tinggi yang dinilai cukup informatif dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik," terangnya.

Sementara itu Rektor UNG mengapresiasi pencapaian pengelolaan informasi publik UNG pada penganugerahan keterbukaan informasi tahun 2018. Pencapaian ini merupakan bukti komitmen UNG sebagai badan publik pemerintah, yang berupaya menerapkan keterbukaan informasi sesuai dengan undangan-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Alhamdulillah pencapaian ini menjadi bukti bahwa UNG benar-benar komitmen dalam penerapan UU Keterbukaan informasi publik. Meskipun masih termasuk dalam kategori cukup informatif, namun ini

 

 

Menurut Rektor penganugerahan kategori cukup informatif menjadi pelecut semangat bagi UNG untuk terus melakukan perbaikan, sehingga kedepannya terus mengalami peningkatan positif menuju badan publik dengan predikat menuju Informatif maupun kategori Informatif.

"Kedepan implementasi UU ini akan terus kami perbaiki, sehingga UNG kedepan bisa menjadi salah satu Badan Publik Perguruan Tinggi yang informatif dalam menerapkan keterbukaan informasi publik," harapnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61