KIP Anugerahi UNG Sebagai Badan Publik Cukup Informatif

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 November 2018 . 16:07:00

 

 

GORONTALO - Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia memberikan penghargaan bagi Universitas Negeri Gorontalo pada ajang penganugerahan keterbukaan informasi Badan Publik tahun 2018, Senin (5/11), di Gedung Sekretariat Wakil Presiden RI. Penganugerahan diberikan KIP RI kepada UNG yang termasuk dalam badan publik kategori cukup informatif dalam implementasi keterbukaan informasi publik.

Ajang penganugerahan tahunan yang diberikan oleh KIP RI kepada Badan Publik seluruh Indonesia tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KIP RI Gede Narayana kepada Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, yang disaksikan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas UNG Lenny Muda, SH, mengungkapkan, penganugerahan tersebut diberikan KIP RI sebagai bentuk apresiasi atas komitmen UNG dalam penerapan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat. Dijelaskan Lenny penganugerahan tahun ini melibatkan 460 badan publik di Indonesia salah satunya Badan Publik Perguruan Tinggi yang mencapi 134 Perguruan Tinggi.

"Untuk proses penilaiannya kata Lenny dilakukan melalui pengisian kuesioner monitoring dan evaluasi serta tahapan presentasi dihadapan komisioner KIP RI," ungkap Lenny.

Dikatakan Lenny terdapat 3 kategori penganugerahan yang diberikan yakni badan publik informatif, menuju informatif dan cukup informatif. "Untuk kategori cukup informatif, UNG termasuk salah satu dari 18 Badan publik perguruan tinggi yang dinilai cukup informatif dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik," terangnya.

Sementara itu Rektor UNG mengapresiasi pencapaian pengelolaan informasi publik UNG pada penganugerahan keterbukaan informasi tahun 2018. Pencapaian ini merupakan bukti komitmen UNG sebagai badan publik pemerintah, yang berupaya menerapkan keterbukaan informasi sesuai dengan undangan-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

"Alhamdulillah pencapaian ini menjadi bukti bahwa UNG benar-benar komitmen dalam penerapan UU Keterbukaan informasi publik. Meskipun masih termasuk dalam kategori cukup informatif, namun ini

 

 

Menurut Rektor penganugerahan kategori cukup informatif menjadi pelecut semangat bagi UNG untuk terus melakukan perbaikan, sehingga kedepannya terus mengalami peningkatan positif menuju badan publik dengan predikat menuju Informatif maupun kategori Informatif.

"Kedepan implementasi UU ini akan terus kami perbaiki, sehingga UNG kedepan bisa menjadi salah satu Badan Publik Perguruan Tinggi yang informatif dalam menerapkan keterbukaan informasi publik," harapnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0