Click here for English version.
Fachrizal Nursyamsu S.IP 31 Oktober 2013
Keterampilan Tenaga Humas UNG Terus Ditingkatkan

UNG – Keterampilan tenaga Hubungan Masyarakat (Humas) di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus ditingkatkan. Sebelumnya, dalam beberapa bulan lalu para tenaga Humas sudah mendapatkan berbagai pelatihan yang berkaitan langsung dengan bidang tugas pencitraan kampus merah maroon ini. Kamis (31/10) pagi, tenaga Humas yang ada di unit kerja, Fakultas dan Lembaga serta Universitas mendapatkan pelatihan penulisan artikel dan pengelolaan website Fakultas, dengan mengambil tempat di Pusat Teknologi Informasi dan Komputer (Pustikom) UNG. Kegiatan penting ini terselenggara atas inisiatif mahasiswa peserta Kuliah Kerja Sibermas (KKS) Jurusan Ilmu Komunikasi bekerja sama dengan Pustikom UNG, dengan maksud untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan menulis serta cara mempublikasikan dalam media wesite Universitas maupun Fakultas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Pustikom, Dr. Sukarman Kamuli, Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNG, Dekan FSB, Dekan FMIPA, Pjs. Dekan FIP, Direktur PPIK serta tenaga Humas yang ada di lingkungan UNG. “Dengan berbagai upaya dan terobosan yang telah dilakukan oleh Pustikom dalam mendukung salah satu Pilar UNG yakni Information and Technology (IT), hendaknya bisa dimaksimalkan bagi para tenaga Humas untuk terus memberikan informasi dan agenda yang update sehingga bisa bermanfaat bagi civitas akademika UNG dan masyarakat,” ujar Sukarman Kamuli.

Sementara itu Ketua LPM UNG, Prof. Dr. Fenty Puluhulawa dalam sambutannya mengatakan apresiasi terhadap usaha dan suksesnya kegiatan yang sangat bermanfaat bagi UNG khususnya dan masyarakat umumnya. “Memang KKS pada tahun ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, dimana para peserta dikumpulkan menjadi satu rumpun keilmuan. Kebetulan di Pustikom UNG ini mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNG yang melaksanakan kegiatan ini,” terang Fenty Puluhulawa.

Materi Pertama pelatihan ini mengambil judul “Penulisan Artikel Efektif” yang disampaikan langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Sumarjo, M.Si. dalam pemaparan yang disampaikan sekitar 60 menit mengenai artikel, topik, catatan penting dan nilai sebuah tulisan. Namun, Sumarjo menekankan pentingnya menulis Lead (teras) berita. “Dari beberapa hal yang akan ditemui para penulis, biasanya menulis Lead inilah yang seringkali dianggap menyita waktu dan pikiran kita. Karena dari sinilah kita dikatakan berhasil atau tidak untuk bisa menarik perhatian pembaca,” ungkap Sumarjo.

Kegiatan pun diakhiri dengan pelatihan pengelolaan website Fakultas yang dilaksanakan di Laboratorium Pustikom UNG sekitar 90 menit. Pemateri tunggal dari Pustikom Edi Johansyah Djula, S.Kom memberikan cara dan proses pengiputan hasil tulisan kedalam website Universitas dan Fakultas. Hadir pula Direktur PPIK, Dr. Suleman Bouty dalam mengatasi beberapa kendala teknis yang seringkali dialami di lapangan untuk mempublikasikan hasil tulisan dari tenaga Humas di setiap Unit kerja. (Hms FIP)

 

PELATIHAN. Tenaga Humas di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mendapatkan materi Penulisan Artikel Efektif yang disampaikan oleh Sumarjo, M.Si dalam kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel dan Pengelolaan Website, yang digagas oleh Mahasiswa KKS Jurusan Ilmu Komunikasi yang bekerja sama dengan Pustikom UNG, Kamis (31/10).

Agenda
4 Mei 2017
Wisuda 04 Mei 2017
Wisuda UNG
11 April - 05 Mei 2017
Pendaftaran SBMPTN 2017
SBMPTN 2017
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
Tautan Unit