Kerjasama Utara-Utara Akan Kembangkan Sektor Perikanan dan Kelautan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Maret 2018 . 10:23:00

 

GORONTALO – Program kerjasama utara-utara yang dipelopori UNG dengan melibatkan 4 kabupaten yakni Kab. Gorontalo Utara, Kab. Buol, Kab. Bolaang Mongondow Utara dan Kab. Bone Bolango, mulai melakukan pengembangan program kerja dalam mewujudkan daerah yang unggul dalam berbagai sektor.

Setelah sebelumnya fokus dalam pengembangan Sapi Potong, ditahun 2018 ini seluruh derah yang tergabung Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) mulai mengembangkan program pengembangan pada sektor perikanan dan kelautan. Pengembangan program tersebut dibahas dalam rapat penyelarasan program kerja BKSU, Selasa (27/3), diruang Rapat Rektorat UNG.

Sekretaris Jenderal BKSU Dr. Fachrudin Zain Olilingo, M.Si, mengungkapkan, hasil pertemuan antara UNG dengan Perwakilan 4 Daerah BKSU akan mulai mengekplorasi potensi bidang perikanan dan kelautan. Salah satu komoditi perikanan yang akan fokus dikembangkan adalah pembudidayaan Udang Vaname.

Menurut Fachrudin dipilihnya Udang Vaname sebagai komoditi bidang perikanan yang akan dikembangan tidak lepas dari potensi daerah dalam pengembangan udang tersebut. Selain itu pengembagnan Udang Vaname juga merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Dukungan pangsa pasar yang terbuka luas, proses budidaya sekitar 4 bulan serta perolehan yang cukup menguntungkan petani juga menjadi pertimbangan pemilihan Udang Vaname,” ungkap Fachrudin.

Sebagai tindak lanjut dalam penetapan program pengembangan bidang perikanan dan kelautan tersebut, BKSU bersama UNG akan mulai fokus dalam pengembangan master plan budidaya Udang Vaname.

“Pengembangannya juga akan melibatkan PUM, serta membentuk tim taskforce melibatkan para ahli perikanan masing-masing daerah yang akan menyusun strategi dalam mencapai target produksi udang vaname,” terang pria yang bertugas sebagai Dosen pada Fakultas Ekonomi UNG.

Sementara itu Wakil Rektor UNG Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, mengatakan, UNG akan terus berupaya memfasilitasi dan mendorong BKSU dalam mengembangkan program diberbagai bidang. Karena sebagai salah satu inisiator kerjasama tersebut, UNG memiliki tanggung jawab dalam menyukseskan program kerjasama utara-utara. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61