Kementerian PUPR dan UNG Berkolaborasi Laksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 10 Desember 2019 . 16:30:00

 

GORONTALO – Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI bekerjasama dengan Universitas Negeri Gorontalo, melaksanakan uji sertifikasi kompetensi keahlian untuk program vokasi, Selasa (10/12),. Uji sertifikasi yang dilaksanakan kali ini diikuti 132 oleh para tenaga ahli jasa konstruksi di Provinsi Gorontalo.

Penanggung jawab kegiatan Andi Tenry, ST, mengatakan uji sertifikasi merupakan tindak lanjut dari amanat UU No.2 tahun 2017 tentang jasa konstuksi, dimana tenaga kerja yang bekerja dibidang jasa konstruksi harus memiliki sertifikat kompetensi kerja.

“Ada 4 bidang kualifikasi yakni Teknik Sipil, Teknik Arsitek, Teknik Elektro, serta Teknik Industry dan Teknik Mesin,” terang Andi.

Sementara itu Rektor UNG Dr. Eduart Wolok, S.T,M.T, sertifikasi kompetensi sangat penting sebagai bentuk pengakuan atas keahlian yang dimiliki. Dengan memiiki sertifikat, pengguna jasa tidak akan ragu lagi dengan kualitas keilmuan dan keahlian yang dimiliki oleh lulusan UNG.

“Jika memiliki sertifikat, pengguna jasa khususnya konstruksi tidak akan ragu menggunakan keahlian dan keilmuan yang dimiliki. Olehnya uji kompetensi harus diikuti dengan baik agar memperoleh pengakuan dari bidang ilmu yang ditekuni saat ini,” ungkap Rektor.

Dengan banyaknya tenaga jasa konstruksi yang ikut dalam ujian kompetensi saat ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan tenaga kerja profesional, bahkan dapat memenuhi kebutuhan atau bahkan mensuplai tenaga kerja profesional di Indonesia.

“Tenaga kerja yang terampil dan bersertifikat penting untuk menjamin kualitas pengerjaan yang sesuai standar. Semoga melalui uji kompetensi, akan semakin banyak tenaga jasa konstruksi lulusan UNG yang memenuhi standar tersertifikat,” harapnya.

Pelaksanaan ujian sertifikasi kompetensi keahlian turut dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama operasional, antara Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar dengan Fakultas Teknik. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61