Kembangkan Smart Card Library

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Oktober 2015 . 13:05:25

UNG Kerjasama Dengan PT se Gorontalo

GORONTALO – Peran penting Perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi terus dimaksimalkan Universitas Negeri Gorontalo dalam menyediakan kebutuhan bacaan bagi mahasiswa di Gorontalo, dan untuk memaksimakan peran Perpustakaan, UNG menggandeng seluruh Perguruan Tinggi (PT) se Prov. Gorontalo dalam penerapan Smart Card Library di seluruh Perpustakaan PT di Gorontalo.

Kerjasama UNG dengan perguruan Tinggi se Prov. Gorontalo dituangkan dalam penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) oleh seluruh Rektor Perguruan Tinggi se Gorontalo, Sabtu (17/10). Di Gedung Aldisata Convetion Center.

Direktur Perpustakaan UNG Dr. Arifin Tahir, M.Si menjelaskan kerjasama yang terjalin antar UNG dan seluruh PT se Gorontalo mencakup pemanfaatan Smart Card Library pada masing-masing perpustakaan PT. Smart Card ini kata Arifin, merupakan kartu perpustakaan yang berbasis Teknologi Informasi memudahkan mahasiswa dalam mengakses bahan bacaan yang dimiliki PT yang melakukan kerjasama dengan UNG.

“Mahasiswa Universitas Gorontalo yang ingin meminjam buku di perpustakaan UNG dapat diberikan hak akses jika memiliki kartu ini dan begitu pula sebaliknya. Ini diharapkan akan menghilangkan gap antar perpustakaan Universitas di Gorontalo. Karena mahasiswa manapun akan bisa saling mengunjungi antar Perguruan Tinggi yang satu dengan yang lainnya,” ungkap Arifin.

Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Imam Prasetyawan, mengaku terkesan dengan langkah UNG dalam mengembangkan pemanfaatan Perpustakaan. Hal ini terlihat dari beberapa daerah yang pernah dikunjungi, hanya di Gorontalo yang seluruh pimpinan perguruan tinggi yang terlihat kompak dalam pengembangan perpustakaan secara bersama-sama.

“Kekompakan ini merupakan langkah awal yang sangat baik dalam mengembangkan perpustakaan di Gorontalo, dan ini tentunya harus bisa dijaga secara bersama-sama,” terang Imam.

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badum M.Pd, dalam sambutannya menekankan bahwa inovasi dalam pengembangan Perpustakaan di UNG tidak hanya akan berhenti di program ini saja. Namun masih banyak lagi ide-ide bahkan program perpustakaan yang akan dikembangkan dalam melayani kebutuhan mahasiswa akan bahan bacaan.

“Kedepan kami juga berencana mengembangkan perpustakaan berkonsep Mall, dan Insya Allah rencana tersebut dapat direalisasikan seiring dengan pembangunan kampus baru di Kab. Bone Bolango,” pungkas Rektor. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0