Kembangkan Smart Card Library

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Oktober 2015 . 13:05:25

UNG Kerjasama Dengan PT se Gorontalo

GORONTALO – Peran penting Perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi terus dimaksimalkan Universitas Negeri Gorontalo dalam menyediakan kebutuhan bacaan bagi mahasiswa di Gorontalo, dan untuk memaksimakan peran Perpustakaan, UNG menggandeng seluruh Perguruan Tinggi (PT) se Prov. Gorontalo dalam penerapan Smart Card Library di seluruh Perpustakaan PT di Gorontalo.

Kerjasama UNG dengan perguruan Tinggi se Prov. Gorontalo dituangkan dalam penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) oleh seluruh Rektor Perguruan Tinggi se Gorontalo, Sabtu (17/10). Di Gedung Aldisata Convetion Center.

Direktur Perpustakaan UNG Dr. Arifin Tahir, M.Si menjelaskan kerjasama yang terjalin antar UNG dan seluruh PT se Gorontalo mencakup pemanfaatan Smart Card Library pada masing-masing perpustakaan PT. Smart Card ini kata Arifin, merupakan kartu perpustakaan yang berbasis Teknologi Informasi memudahkan mahasiswa dalam mengakses bahan bacaan yang dimiliki PT yang melakukan kerjasama dengan UNG.

“Mahasiswa Universitas Gorontalo yang ingin meminjam buku di perpustakaan UNG dapat diberikan hak akses jika memiliki kartu ini dan begitu pula sebaliknya. Ini diharapkan akan menghilangkan gap antar perpustakaan Universitas di Gorontalo. Karena mahasiswa manapun akan bisa saling mengunjungi antar Perguruan Tinggi yang satu dengan yang lainnya,” ungkap Arifin.

Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Imam Prasetyawan, mengaku terkesan dengan langkah UNG dalam mengembangkan pemanfaatan Perpustakaan. Hal ini terlihat dari beberapa daerah yang pernah dikunjungi, hanya di Gorontalo yang seluruh pimpinan perguruan tinggi yang terlihat kompak dalam pengembangan perpustakaan secara bersama-sama.

“Kekompakan ini merupakan langkah awal yang sangat baik dalam mengembangkan perpustakaan di Gorontalo, dan ini tentunya harus bisa dijaga secara bersama-sama,” terang Imam.

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badum M.Pd, dalam sambutannya menekankan bahwa inovasi dalam pengembangan Perpustakaan di UNG tidak hanya akan berhenti di program ini saja. Namun masih banyak lagi ide-ide bahkan program perpustakaan yang akan dikembangkan dalam melayani kebutuhan mahasiswa akan bahan bacaan.

“Kedepan kami juga berencana mengembangkan perpustakaan berkonsep Mall, dan Insya Allah rencana tersebut dapat direalisasikan seiring dengan pembangunan kampus baru di Kab. Bone Bolango,” pungkas Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61