Kembangkan kurikulum, FH Libatkan Stakeholder

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 November 2015 . 12:56:19

GORONTALO – Sebagai bentuk Komitmen untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkarakter serta sesuai dengan standar pendidikan Nasional. Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Gorontalo melakukan pengembangan Mutu Kurikulum Prodi Ilmu Hukum berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI), dengan melibatkan sejumlah Stakeholder di Prov. Gorontalo, Senin (2/11). Di Aula FH UNG.

Ketua Jurusan Ilmu Hukum Suwitno, S.H, M.H menurutkan, lokakarya kurikulum kali ini sebagai bentuk upaya dari FH dalam penyesuaian kurikulum pembelajaran sesuai dengan perkembangan ilmu hukum kedepan dengan standar KKNI. Penyesuaian ini kata Suwitno sangat penting, terlebih saat ini dalam pengembangan kurikulum pendidikan setiap Perguruan Tinggi harus mengarah dengan standar nasional.

“Pengembangan mutu kurikulum sudah seharusnya dilakukan untuk dapat mengimbangi perkembangan pendidikan, sehingga hasil dari pendidikan tersebut dapat melahirkan lulusan yang berkualitas,” ungkap Suwitno.

Lebih lanjut dijelaskan Suwitno, pengembangan Kurikulum sengaja menghadirkan sejumlah stakeholder dikarenakan sebagai pengguna dari lulusan, FH berkeinginan tidak hanya dapat melahirkan lulusan yang berkarakter. Namun juga lulusan yang dapat terterima sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Yang turut dilibatkan adalah instansi yang mempunyai hubungan erat dengan unsur alumni serta sejumlah pemerintah daerah. Kami juga turut serta menghadirkan perwakilan mahasiswa serta alumni FH,” terangnya.

Dengan hadirnya stakeholder ini, diharapkan dapat turut memberikan sumbangsih pemikiran dalam pengembangan kurikulum kedepan. Untuk kemudian dapat dilihat kembali kekurangan dari kurikulum sebelumnya. Sehingga pengembangan kurikulum ini selain dapat menunjang visi dan misi Fakultas dan Universitas, juga dapat memenuhi kebutuhan pasar akan SDM di bidang ilmu hukum. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0