Kembangkan kurikulum, FH Libatkan Stakeholder

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 November 2015 . 12:56:19

GORONTALO – Sebagai bentuk Komitmen untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkarakter serta sesuai dengan standar pendidikan Nasional. Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Gorontalo melakukan pengembangan Mutu Kurikulum Prodi Ilmu Hukum berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI), dengan melibatkan sejumlah Stakeholder di Prov. Gorontalo, Senin (2/11). Di Aula FH UNG.

Ketua Jurusan Ilmu Hukum Suwitno, S.H, M.H menurutkan, lokakarya kurikulum kali ini sebagai bentuk upaya dari FH dalam penyesuaian kurikulum pembelajaran sesuai dengan perkembangan ilmu hukum kedepan dengan standar KKNI. Penyesuaian ini kata Suwitno sangat penting, terlebih saat ini dalam pengembangan kurikulum pendidikan setiap Perguruan Tinggi harus mengarah dengan standar nasional.

“Pengembangan mutu kurikulum sudah seharusnya dilakukan untuk dapat mengimbangi perkembangan pendidikan, sehingga hasil dari pendidikan tersebut dapat melahirkan lulusan yang berkualitas,” ungkap Suwitno.

Lebih lanjut dijelaskan Suwitno, pengembangan Kurikulum sengaja menghadirkan sejumlah stakeholder dikarenakan sebagai pengguna dari lulusan, FH berkeinginan tidak hanya dapat melahirkan lulusan yang berkarakter. Namun juga lulusan yang dapat terterima sesuai dengan kebutuhan pasar.

“Yang turut dilibatkan adalah instansi yang mempunyai hubungan erat dengan unsur alumni serta sejumlah pemerintah daerah. Kami juga turut serta menghadirkan perwakilan mahasiswa serta alumni FH,” terangnya.

Dengan hadirnya stakeholder ini, diharapkan dapat turut memberikan sumbangsih pemikiran dalam pengembangan kurikulum kedepan. Untuk kemudian dapat dilihat kembali kekurangan dari kurikulum sebelumnya. Sehingga pengembangan kurikulum ini selain dapat menunjang visi dan misi Fakultas dan Universitas, juga dapat memenuhi kebutuhan pasar akan SDM di bidang ilmu hukum. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61