Kawal Dana Pembangunan Negara, Mahasiswa Gorontalo Gagas Forum Seminar

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 November 2018 . 08:40:26

 

GORONTALO – Mahasiswa akuntansi se Provinsi Gorontalo yang tergabung dalam forum Ikatan Mahasiswa Akuntansi Indonesia (IMAI) Prov. Gorontalo menunjukan keseriusannya dalam upaya pengawalan dana pembangunan Negara. Keseriusan itu dengan menggagas forum Seminar Nasional Akuntansi tentang urgensi penerapan akuntansi kerugian Negara upaya mengawal dana pembangunan Negara di daerah, Rabu (21/12), di Auditorium UNG.

Menurut Ketua IMAI Prov. Gorontalo Hermansiatan, forum seminar digagas untuk membuka wawasan masyarakat khususnya mahasiswa terkait carut marut permasalahan terkait pengelolaan dana pembangunan Negara.

“Permasalahan ini menjadi sangat urgent karena dana yang cukup besar digelontorkan oleh pemerintah belum bisa dimanfaatkan secara baik oleh daerah, untuk menunjang kesejahteraan masyarakat,” ungkap Herman.

Berbicara dana pembangunan didaerah khususnya dana desa kata Herman belum bisa dilakukan secara baik dan optimal. Dibuktikan dengan banyaknya kasus hukum yang terjadi akibat penyalahgunaan dana tersebut oleh oknum perangkat pengelola dana.

“Menjadi tanggung jawab bersama untuk mencari solusi alternatif apa yang harus dilakukan, untuk pengawalan dana pembangunan tersebut. Sehingga melalui forum yang melibatkan para ahli akan melahirkan solusi dalam upaya penerapan akuntansi dalam mengawal pengelolaan dana tersebut,” terangnya.

Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi La Ode Rasuli dalam sambutannya mengungkapkan, kerugian Negara akibat dana pembangunan sudah cukup banyak terjadi. Untuk itu diperlukan upaya pengawalan dana pembangunan Negara di daerah melalui penerapan nilai akuntasi sebagai langkah prefentif penyalahgunaan dana. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0