Jurusan Seni Rupa dan Desain UNG Menggelar Workshop Seni Lukis Hiperealis

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 21 Februari 2020 . 17:30:00

 

Jurusan Seni Rupa dan Desain yang bernaung di dalam Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo (UNG), kini menempati gedung baru kampus empat baru yang berlokasi di daerah Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Memulai aktivitas perkuliahan di gedung baru, jurusan Seni Rupa dan Desain menyelenggarakan sebuah workshop seni lukis Hiperealis yang mengundang Iwan Yusuf seorang pelukis muda yang menekuni teknik Hiperealis dan menetap di Jawa Timur khususnya daerah Batu - Malang. Selain sebagai pelukis ia membuat Art Space yang dinamakan Studio Jaring.

Acara tersebut dilaksanakan pada Jumat, 21 Februari 2020| pukul: 13.00 - 17.00 Wita | di Ruang Pameran Seni Rupa dan Desain. Acara itu dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Seni Rupa serta mahasiswa dari Jurusan lainnya, dibuka oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik. Selain diikuti oleh peserta di lingkungan UNG, turut hadir perupa Gorontalo seperti Riden Baruadi.

Program workshop seni lukis ini merupakan bagian dari upaya Jurusan untuk melengkapi perkuliahan formal, melalui belajar bersama seniman profesional yang telah memiliki reputasi dan eksistensi secara nasional. Guna menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa dari pengalaman langsung seorang ahli di bidang seni lukis.

Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik Tajudin Abdillah menyatakan, melalui program ini diharapkan nantinya mahasiswa akan dapat lebih termotivasi untuk mengembangkan bakat dan minatnya dibidang seni lukis. Hal ini sejalan dengan program kami khususnya dibidang kemahasiswaan untuk mendorong tumbuhnya bakat dan minat mahasiswa sesuai hobi dan kesukaannya. Karena zaman sekarang orang-orang sukses justru karena hobinya, demikian pungkas Tajudin.

Menurut Ketut Jurusan Seni Rupa dan Desain I Wayan Sudana, kegiatan ini sangat penting untuk melengkapi pengetahuan mahasiswa dibidang praktek. Karena lulusan Pendidikan Seni Rupa nantinya tidak hanya melahirkan guru, tetapi juga dapat menekuni profesi profesional bidang seni rupa, seperti: seniman, kurator, atau manajemen seni rupa. Pada jurusan kami, berbagai kompensi dasar-dasar yang mendukung keprofesian tersebut diajarkan kepada mahasiswa selama menjalani perkuliahan, demikian jelas Wayan Sudana.

Kembali pada profile nara sumber, sosok Iwan Yusuf adalah perupa otodidak asal Gorontalo tepatnya di desa Kabila kabupaten Bone Bolango. Kemudian diusia yang masih muda memutuskan untuk merantau ke Surabaya awalnya menjadi buruh serabutan. Selama bertahun-tahun sembari dan juga sempat berdagang, Ia memendam tekad dan cita-citanya menjadi pelukis profesional. Tekad kuat dan didukung upaya yang serius dalam keterbatasan dana, akhirnya menemukan teknik melukis yang khusus dengan memakai cat minyak yang digoreskan secara tipis secara berulang hingga mencapai bentuk yang tidak saja mirip dengan modelnya, tetapi juga sangat detail.

Menurut Wayan Seriyoga Parta Dosen Jurusan Seni Rupa dan Desain UNG dan juga kurator nasional, menyatakan bahwa temuan teknik Iwan Yusuf sebetulnya merupakan teknik klasik seni lukis Renaisans di Eropa sejak abad ke 13 silam. Ini adalah capaian yang luar biasa untuk pelukis yang belajar secara otodidak seperti dijalani Iwan Yusuf.

Iwan dikenal sebagai pelukis muda hiperalis Indonesia yang karya luar biasa memukau para pencinta seni rupa Indonesia. Karya-karya telah dikoleksi oleh kolektor-kolektor besar nasional salah satunya yang punya Sampoerna Tbk. (**)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61