Click here for English version.
Fachrizal Nursyamsu S.IP 19 Oktober 2013
Jurusan PGSD Gelar Seminar Nasional Pendidikan, Lokakarya dan Debat Mahasiswa

UNG – Peningkatan kualitas pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi institusi pendidikan. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan input dan proses peserta didik untuk menghasilkan lulusan terbaik. Menjawab hal tersebut, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar Seminar Nasional Pendidikan, Lokakarya dan Debat Ilmiah Mahasiswa yang dilaksanakan di Hotel New Rachmat Kota Gorontalo, Sabtu (19/10). Sebanyak 300 orang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Pembantu Rektor (PR) I UNG Bidang Akademik, Prof. Dr. Sarson Pomalato, Dekan FIP, Dekan FSB, Pembantu Dekan di lingkungan FIP, Ketua dan Sekretaris Jurusan di lingkungan FIP, Dosen, perwakilan dari Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Gorontalo, para pemerhati pendidikan dan mahasiswa. Pagi hari, kegiatan diawali dengan Debat Ilmiah Mahasiswa yang terbagi menjadi 5 kelompok yang mewakili setiap Jurusan yang ada di lingkungan FIP, yakni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK), Jurusan Manajemen Pendidikan (MP) dan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), yang  masing-masing kelompok terdiri 3 (tiga) orang peserta. Adapun permasalahan yang dibahas dalam debat tersebut mengenai Penerapan Kurikulum 2013, Profesionalisme guru, Sarana dan Prasarana Pendidikan, Standar Kelulusan, serta Perbaikan kurikulum guna peningkatan kualitas pendidikan Indonesia. Sedangkan Seminar Nasional Pendidikan menghadirkan pemateri diantaranya Dr. Endang Poerwanti, M.Pd, yang juga menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Jurusan PGSD Indonesia, Pembantu Rektor I UNG, Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd dan Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Gorontalo, Dr. Hamka Husain, M.Pd.

PR I UNG, Prof. Dr. Sarson Pomalato menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang digagas oleh Jurusan PGSD tersebut, karena UNG sebagai kampus penghasil tenaga guru semestinya memang harus mengetahui tentang kurikulum 2013 dibandingkan dengan masyarakat. Guru sejati sangat dirindukan kehadirannya di dalam kelas oleh seluruh muridnya untuk memberikan ilmu pengetahuan, etika dan motivasi kepada para muridnya. Menurut Prof. Dr. Sarson pada dasarnya kurikulum adalah suatu Desain bagi seorang calon pendidik untuk dapat mengubah potensi yang ada dalam dirinya menjadi kompetensi yang diperlukan untuk mengajar dan mendidik. “Sebaik apapun kurikulum, kalu diajarkan oleh seorang guru yang tidak professional pasti tidak adakan berjalan dengan baik, begitu pula sebaliknya. Sehingga kata kunci yang paling utama adalah berada di tangan guru itu sendiri. Tugas kita saat ini adalah mencermati dengan cerdas dan mengkritisi untuk perbaikan terhadap kurikulum yang ada saat ini menjadi lebih baik lagi,” ujar PR I.

Dekan FIP, Prod. Dr. Abdul Haris Panai mengucapkan terima kasih kepada Panitia, Jurusan PGSD, pemateri dan peserta kegiatan ini sehingga bisa berlangsung dengan sukses. “Kegiatan yang dilaksanakan oleh Jurusan PGSD ini sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan khususnya di lingkungan Jurusan PGSD, umumnya di FIP dan UNG sehingga apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita bersama untuk selalu meningkatan kualitas pendidikan bisa diimplementasikan,” kata Dekan FIP.

Sementara itu mewakili Jurusan PGSD, Ketua Panitia, Nurhayati Tine, M.HI mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk menjawab iklim kompetisi di dunia pendidikan khususnya bagi tenaga pendidik yang professional yang saat ini harus dipersiapan sejak awal. Kemudian sebagai momen untuk mendapatkan informasi terbaru serta pemahaman terhadap kurikulum 2013 yang pada substansinya diharapkan mampu berinovasi dan memperbaiki proses pembelajaran bagi para guru khususnya. “Kami berharap dengan kegiatan ini para peserta dapat memahami Kurikulum 2013 yang tematik dan integratif dengan menentukan model atau tema yang tepat melalui pendekatan scientific kepada para murid di dalam kelas sehingga diharapkan proses pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih baik lagi,” harap Ketua Panitia. (Hms FIP)

 

SEMINAR NASIONAL. Dekan FIP, Prof. Dr. Abdul Haris Panai memberikan sambutan pada kegiatan Seminar Nasional Pendidikan, Lokakarya dan Debat Ilmiah Mahasiswa yang dihadiri Pembantu Rektor (PR)  I Bidang Akademik UNG, Prof. Dr. Sarson Pomalato. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP UNG di Hotel New Rachmat Kota Gorontalo, Sabtu (19/10) pagi kemarin.

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit