Jurusan Informatika Fasilitas Perencanaan Studi Mahasiswa Melalui Temu PA

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Februari 2017 . 09:24:00

 

GORONTALO - Dalam mendorong proses percepatan studi mahasiswa di lingkungannya, mendorong Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo memfasilitasi Mahasiswa dan Dosen Penasehat Akademik (PA) dalam melakukan perencanaan studi di semester Genap Tahun Akademik 2016/2017.

Ketua Jurusan Teknik Informatika Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Cs, mengungkapkan, kegiatan temu penasehat akademik dimaksudkan memfasilitasi mahasiswa dan Dosen PA untuk bertemu membahas terkait perencanaan, proses hingga evaluasi studi mahasiswa di tahun 2017.

Selain sebagai moment untuk mengevaluasi kinerja mahasiswa oleh Dosen PA, melalui kegiatan ini juga dimanfaatkan Program Studi maupun Jurusan, dalam mengevaluasi kinerja dari para Dosen PA.

"Dengan memaksimalkan temu Penasehat Akademik ini, diharapkan dapat mendukung proses percepatan studi mahasiswa Jurusan Informatika sesuai dengan cita-cita Pimpinan guna mewujudkan Akreditasi yang lebih baik," ujar Tajuddin.

Kegiatan temu Penasehat Akademik kata Tajuddin, harus dilaksanakan minimal 3 kali dalam setiap semester akademik. Dimana dalam setiap kegiatan pertemuan meliputi pembahasan proses perencanaan studi diawal semester. "Pertemuan selanjutnya membahas proses perkuliahan dan mendiskusikan berbagai persoalan yang dihadapi mahasiswa, serta pertemuan diakhir semester berupa evaluasi hasil studi," terangnya.

 

 

Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, menuturkan, kegiatan yang digagas Jurusan Informatika menjadi momentum penting dalam mempererat komunikasi dan silaturahmi mahasiswa dengan Dosen PA. Terlebih selama ini, peran dosen PA belum maksimal karena jarangnya komunikasi serta pertemuan yang terjadi oleh Dosen PA dan mahasiswa.

"Selama ini mahasiswa maupun Dosen PA hanya bertemu untuk proses pengisian KRS maupun bimbingan tugas saja, namun untuk perencanaan hingga evaluasi studi jarang dilakukan. Olehnya melalui kegiatan ini, intensitas pertemuan Mahasiswa dan Dosen PA dapat lebih banyak dilakukan," terangnya.

Peran dosen PA menurut Hidayat, sangat penting mendorong percepatan studi mahasiswa. Karena salah satu bertanggung jawabnya untuk mengarahkan mahasiswa untuk bisa sukses dibidang akademik. "Dengan memaksimalkan peran Dosen PA, mahasiswa dapat mengkonsultasikan kendala selama kuliah. Dan secara bersama-sama mencarikan solusi atas berbagai kendala tersebut," tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61