Jurusan Informatika Fasilitas Perencanaan Studi Mahasiswa Melalui Temu PA

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Februari 2017 . 09:24:00

 

GORONTALO - Dalam mendorong proses percepatan studi mahasiswa di lingkungannya, mendorong Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo memfasilitasi Mahasiswa dan Dosen Penasehat Akademik (PA) dalam melakukan perencanaan studi di semester Genap Tahun Akademik 2016/2017.

Ketua Jurusan Teknik Informatika Tajuddin Abdillah, S.Kom, M.Cs, mengungkapkan, kegiatan temu penasehat akademik dimaksudkan memfasilitasi mahasiswa dan Dosen PA untuk bertemu membahas terkait perencanaan, proses hingga evaluasi studi mahasiswa di tahun 2017.

Selain sebagai moment untuk mengevaluasi kinerja mahasiswa oleh Dosen PA, melalui kegiatan ini juga dimanfaatkan Program Studi maupun Jurusan, dalam mengevaluasi kinerja dari para Dosen PA.

"Dengan memaksimalkan temu Penasehat Akademik ini, diharapkan dapat mendukung proses percepatan studi mahasiswa Jurusan Informatika sesuai dengan cita-cita Pimpinan guna mewujudkan Akreditasi yang lebih baik," ujar Tajuddin.

Kegiatan temu Penasehat Akademik kata Tajuddin, harus dilaksanakan minimal 3 kali dalam setiap semester akademik. Dimana dalam setiap kegiatan pertemuan meliputi pembahasan proses perencanaan studi diawal semester. "Pertemuan selanjutnya membahas proses perkuliahan dan mendiskusikan berbagai persoalan yang dihadapi mahasiswa, serta pertemuan diakhir semester berupa evaluasi hasil studi," terangnya.

 

 

Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, ST, M.Kom, menuturkan, kegiatan yang digagas Jurusan Informatika menjadi momentum penting dalam mempererat komunikasi dan silaturahmi mahasiswa dengan Dosen PA. Terlebih selama ini, peran dosen PA belum maksimal karena jarangnya komunikasi serta pertemuan yang terjadi oleh Dosen PA dan mahasiswa.

"Selama ini mahasiswa maupun Dosen PA hanya bertemu untuk proses pengisian KRS maupun bimbingan tugas saja, namun untuk perencanaan hingga evaluasi studi jarang dilakukan. Olehnya melalui kegiatan ini, intensitas pertemuan Mahasiswa dan Dosen PA dapat lebih banyak dilakukan," terangnya.

Peran dosen PA menurut Hidayat, sangat penting mendorong percepatan studi mahasiswa. Karena salah satu bertanggung jawabnya untuk mengarahkan mahasiswa untuk bisa sukses dibidang akademik. "Dengan memaksimalkan peran Dosen PA, mahasiswa dapat mengkonsultasikan kendala selama kuliah. Dan secara bersama-sama mencarikan solusi atas berbagai kendala tersebut," tandasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0