Jurusan Ilmu Keperawatan Berikan Pembekalan Basic Trauma Cardiac Life Support

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 17 Agustus 2018 . 15:52:27

 

GORONTALO – Sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan profesi ners, Universitas Negeri Gorontalo melalui Jurusan Keperawatan gencar memberikan pembekalan bagi calon perawat profesional tentang berbagai keahlian profesi. Salah satu keahlian yang diperkuat adalah Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) melalui kegiatan pelatihan, Rabu (16/8), di Ballroom New Rahmat Hotel Gorontalo.

Ibrahim Suleman S.Kep., Ns., M.Kep selaku Ketua Pelaksana Perlatihan mengungkapkan, BTCLS merupakan pelatihan penaganan kasus gawat darurat. Yang mana pelatihan bertujuan meningkatkan kemampuan kompetensi perawat dalam menghadapai kasus kegawatdaruratan guna mencegah kematian maupun kerusakan organ pasien.

“BTCLS merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang perawat profesional. Jadi pasien-pasian gagal trauma kardiologi life support mahasiswa itu mampu menanganinya,” ungkap Ibrahim.

Dalam pelatihan mahasiswa banyak diberikan pembobotan diantaranya, penatalaksanaan kegawatdaruratan dalam hal bantuan hidup dasar, penanganan pada pasien kritis khususnya kasus kecelakaan dan trauma.

“Pelatihan ini salah satu hal wajib diikuti mahasiswa profesi ners sebelum turun praktek di Rumah Sakit maupun Pusat Kesehatan Masyarakat,” jelasnya.

Ketua Jurusan Ilmu Keperawatan dr. Nanang Roswita Paramata, M.Kes menuturkan, keterampilan dalam bidang Basic Trauma Cardiac Life Support sudah menjadi tuntutan keahlian yang harus dimiliki tenaga medis profesional. Karena ketika dilapangan nanti tenaga medis akan banyak menemukan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan kegawatdaruratan, dimanahal tersebut perlu penanganan dan keahlian khusus.

“Pelatihan ini selaras dengan komitmen Jurusan Keperawatan selaku pendidik profesi perawat, dalam menciptakan kualitas lulusan yang kompeten dalam berbagai pelayanan kesehatan. Sehingga kedepan berbagai kebutuhan layanan kesehatan dapat kita penuhi semaksimal mungking,” ujar dr. Nanang. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61