Jurusan Farmasi Resmikan Pusat Pelayanan Informasi Obat

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 22 Agustus 2017 . 08:06:00

Siap Berikan Pemahaman Tentang Penggunaan Obat

 

GORONTALO - Sebagai salah satu Jurusan yang membidangi kesehatan, Jurusan Farmasi Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNG berkomitmen untuk senantiasa memberikan penyuluhan kesehatan khususnya dunia kefarmasian kepada masyarakat dan civitas akademika UNG.

Bentuk upaya penyampaian informasi terkait kefarmasian tersebut, dengan membuka Pusat Pelayanan Informasi Obat (PIO). Pusat PIO yang berlokasi di lantai 2 Gedung Kuliah FOK diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Mahludin Baruwadi, MP, Senin (21/8),.

Ketua Jurusan Farmasi Dr. Widy Susanti Abdulkadir, S.Si, M.Si, APT, mengungkapkan, dibentuknya Pusat Pelayanan Informasi Obat untuk memberikan wadah kepada masyarakat khususnya civitas akademika UNG, yang ingin memperoleh informasi seputaran obat-obatan.

"Berbagai informasi terkait obat bisa dikonsultasikan di Pusat PIO. Baik itu menyangkut penyalahgunaan serta penggunaan obat, serta ruang diskusi bagi civitas akademika terkait obat-obatan," ungkap Dr. Widy.

Pembentukan Pusat PIO kata Dr. Widy, juga merupakan langkah awal Jurusan dalam merintis Apotik UNG. Untuk informasi terkait obat-obatan yang dikonsultasikan, akan dilayani langsung oleh Dosen Jurusan Farmasi dengan turut serta melibatkan mahasiswa.

"Saat ini untuk pelayanannya masih dikhususkan bagi civitas akademika UNG. Namun kedepan seiring dengan lengkapnya fasilitas penunjang, akan kami buka untuk seluruh masyarakat. Sedangkan operasi pelayanan dibuka Setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 14.00," terangnya.

 

 

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, mengapresiasi dibentuknya pusat Pelayanan Informasi Obat (PIO) oleh jurusan Farmasi. Kehadiran PIO sangat penting dalam mengedukasi masyarakat dalam penggunaan obat. Terlebih obat-obatan merupakan sesuatu yang tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan, dan membutuhkan pemahaman lebih ketika mengkonsumsinya.

"Kehadiran pusat PIO diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan informasi masyarakat akan penggunaan obat-obatan. Dan insya Allah kedepan, pelayanannya dapat terus berkembang menjadi sebuah Apotik UNG," harapnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0