Click here for English version.
Fachrizal Nursyamsu S.IP 2 Desember 2013
Jurusan BK FIP Gelar Seminar Sehari HIV/AIDS, Kerjasama dengan KPA dan Dinas Sosial Provinsi Gorontalo

KAMPUS UNG – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2013, Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar Seminar Sehari Epidemi HIV dan AIDS pada remaja di Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna UNG, Senin (2/12) pagi bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan DInas Sosial Provinsi Gorontalo serta Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKM) Palebohu UNG yang mendapatkan Penghargaan hari AIDS Sedunia dari KPA sebagai Organisasi Kemahasiswaan Peduli HIV-AIDS. Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita mati dan tidak mampu lagi untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Sedangkan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sindrom menurunya kekebalan tubuh yang dipicu dari virus HIV sehingga tubuh tidak dapat memerangi penyakit yang ada, AIDS hingga saat ini belum diketahui obatnya, sehingga bagi para penderita penyakit tersebut hanya bisa melakukan usaha untuk mencegah penyebaran infeksi virus tersebut di dalam tubuh. Sebelum acara dimulai, puluhan mahasiswa Jurusan BK menyanyikan sebuah lagu yang diciptakan oleh Dra. Maryam Rahim, M.Pd dan Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons yang berjudul “Bebas HIV-AIDS” yang mendapatkan sambutan cukup meriah dari undangan yang hadir.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Gorontalo, Dr. Idris Rahim yang juga sebagai Ketua Harian KPA Provinsi Gorontalo, Pembantu Rektor I UNG, Prof. Dr. sarson Pomalato, Kepala Kantor Kementerian Agama PRovinsi Gorontalo, Dekan FIP, Prof. Dr. Abdul Haris Panai, Pimpinan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Gorontalo, guru dan pelajar serta mahasiswa yang total berjumlah sekitar 250 orang. Berdasarkan informasi yang diperoleh, jumlah penderita HIV dan AIDS seluruh Indonesia sebanyak 147.163 orang penderita. Sedangkan di Provinsi Gorontalo sendiri mencapai angka 139 orang penderita, dengan perincian penderita HIV sebanyak 61 orang dan AIDS sebanyak 78 orang. Belum lagi hal yang lebih mengejutkan lagi, dari total penderita HIV dan AIDS di Provinsi Gorontalo tersebut, sebanyak 97 orang termasuk dalam usia remaja yakni pada kisaran usia 17-29 tahun.

Wakil Gubernur Gorontalo, Dr. Idris Rahim mengatakan penyebaran HIV dan AIDS di Provinsi Gorontalo sudah masuk dalam tingkat yang mengkhawatirkan. Karena hal ini tentu akan menjadi fenomena bola salju. “Dengan adanya Seminar ini saya harapkan dapat memberikan solusi dan rekomendasi terkait dengan usaha-usaha pencegahan penyebaran HIV dan AIDS di Gorontalo, mulai dari unsur Pemerintah Daerah di Provinsi dan Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Komisi Penanggulangan AIDS dan seluruh stakeholder yang ada di Provinsi Gorontalo untuk terus peduli terhadap jumlah penderita HIV-AIDS yang setiap tahunnya semakin meningkat, untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman kita bersama terhadap bahaya dari penyakit ini,” tutup Dr. Idris Rahim.

Sementara itu Ketua Jurusan BK FIP, Dra. Maryam Rahim, M.Pd didampingi Ketua PIKM Palebohu, Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons mengatakan kerja sama dengan KPA Provinsi Gorontalo sudah berlangsung 1 tahun belakangan ini. Sudah beberapa kali dilaksanakan sosialisasi sebagai wujud kerja sama tersebut, seperti sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi di Asrama Mahasiswa UNG dan nantinya bulan depan direncakan akan dilaksanakan lomba cerdas-cermat dengan melibatkan peserta dari Sekolah-Sekolah yang ada di Provinsi Gorontalo. “Harapan kami dalam waktu yang tidak lama lagi di UNG dengan adanya beberapa Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKM), bisa lahir satu PIKM yang fokus pada pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Provinsi Gorontalo, terutama bagi pelajar, remaja dan mahasiswa khususnya,” tutup Maryam Rahim dan Tuti Wantu. (Hms FIP)

SEMINAR. Wakil Gubernur Gorontalo, Dr. Idris Rahim didampingi Pembantu Rektor I UNG, Prof. Dr. sarson Pomalato, Tim Asistensi KPA, Dokter dan Pemateri berfoto bersama dengan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) FIP UNG, pada kegiatan Seminar Sehari tentang HIV-AIDS di Gedung Serba Guna UNG, Senin (2/12) kemarin.

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit