Click here for English version.
Fachrizal Nursyamsu S.IP 21 Desember 2013
Jurusan BK FIP Gelar Seminar Nasional Tantangan Guru BK Terkait Kurikulum 2013

Kampus UNG – Dalam menyikapi implementasi Kurikulum 2013, Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melaksanakan Seminar Nasional, Sabtu (21/12) pagi di Gedung Serba Guna (GSG) UNG kemarin. Seminar Nasional ini terlaksana atas kerjasama antara mahasiswa Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB) Jurusan BK dengan para Alumni Jurusan BK se-Provinsi Gorontalo, dengan mengangkat tema yang sedang hangat dibicarakan belakangan ini adalah Tantangan Guru BK dalam Implementasi Kurikulum 2013 dengan menghadirkan pemateri utama yaitu Dr. Abdullah Sindring, M.Pd dari Universitas Negeri Makassar, dengan judul makalah Tantangan, Peluang dan Solusi Bimbingan Konseling dalam Kurikulum 2013. Bersama dengan pemateri utama, ada pula dua pemateri yang berasal dari UNG masing-masing Dr. Wenny HUlukati, M.Pd dan Dra. Tuti Wantu, M.Pd.Kons. Seminar Nasional tersebut dihadiri lebih dari 200 orang yang terdiri dari Pimpinan FIP, Pimpinan Jurusan BK, Dosen, Mahasiswa dan para alumni Jurusan BK FIP UNG yang mayoritas berprofesi sebagai guru. Acara ini dibuka langsung oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNG, Dr. Fence Wantu, MH mewakili Rektor UNG. “Dengan adanya Seminar Nasional ini diharapkan dapat melahirkan rekomendasi terkait permasalahan yang dihadapi saat ini oleh para Guru, khususnya Guru BK di sekolah-sekolah terkait dengan penerapan Kurikulum 2013,” ujar Dr. Fence.

Pembantu Dekan I FIP, Dra. Rena Madina, M.Pd yang mewakili Dekan FIP menyampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap pimpinan Jurusan BK, Dosen, Mahasiswa dan para Alumni yang berhasil melaksanakan Seminar Nasional ini. “Semoga usai kegiatan Seminar ini tidak ada lagi peserta yang bingung atau bertanya-tanya terkait implementasi Kurikulum 2013 bagi guru BK di sekolah dengan materi dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada Bapak Pemateri,” ujar Dra. Rena Madina, M.Pd.

Pada akhir kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan Ikatan Alumni BK se-Provinsi Gorontalo dengan Ketua Terpilih Abdul Rahim Kenta, S.Pd. Menurutnya, Ikatan alumni ini sangat diperlukan melihat jumlah alumni Jurusan BK setiap tahunnya mengalami peningkatan dari sisi kuantitas sehingga diperlukan koordinasi di lapangan guna silaturahim dan peningkatan keterampilan para alumni. “Kebanyakan para alumni yang sudah menjadi Guru BK di sekolah-sekolah sering menghadapi permasalahan yang jarang pula tidak diketahui oleh Dosen atau pimpinan Jurusan BK. Untuk itulah Ikatan Alumni ini sebagai wadah untuk berbagi dan menyampaikan masukan yang akan diteruskan kepada Dosen maupun pimpinan Jurusan BK, serta bermanfaat pula untuk peningkatan pengalaman dan keterampilan para alumni Jurusan BK,” tutup Abdul Rahim. (Hms FIP)

 

PENYERAHAN CENDERAMATA. Pemateri Utama pada kegiatan Seminar Nasional Jurusan BK, Dr. Abdullah Sindring, M.Pd memberikan cenderamata berupa Buku hasil tulisannya yang berjudul "Teori dan Aplikasi Konseling" kepada Ketua Jurusan BK FIP UNG, Dra. Maryam Rahim, M.Pd pada acara pembukaan Seminar Nasional Tantangan Guru BK dalam Implementasi Kurikulum 2013, Sabtu (21/12) pagi di GSG UNG.

 

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit