Click here for English version.
Fahmid Bahsoan 25 Oktober 2013
Jurusan Biologi FMIPA sulap Desa Torosiaje jadi Lab Alam

FMIPA – Desa Torosiaje adalah salah satu pemukiman Suku Bajo yang ada di Kecamatan Popayato. Pemukiman yang memiliki keunikan tersendiri yakni sebuah kampung yang berdiri diatas laut tersebut menjadi perkampungan wisata yang elok di Provinsi Gorontalo. Tak hanya sekedar untuk tujuan wisata, Torosiaje juga menjadi tempat belajar serta penelitian oleh mahasiswa dan dosen Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNG. Perkampungan yang berjarak ±300 KM dari Kampus Merah Maron ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Jurusan Biologi. Prof. Dr. Ramli Utina yang juga salah satu dosen di Jurusan Biologi sudah sering melakukan penelitian dengan mahasiswa serta melaksanakan kegiatan-kegiatan seminar di Desa yang berdiri sejak tahun 1901 ini.

Kamis, 24 Oktober 2013, Desa ini telah diresmikan oleh Rektor UNG, Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd menjadi Lab Alam, dan diperuntukkan bagi semua mahasiswa UNG, khususnya Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNG. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Pimpinan UNG, Pemerintah setempat, serta seluruh mahasiswa KKS Jurusan Biologi FMIPA.

Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, selaku Dekan Fakultas MIPA mengatakan bahwa Lab Alam ini agar supaya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan hanya sampai pada acara seremonial seperti ini, tapi menjadi tempat belajar serta untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya untuk mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas MIPA. Apalagi beberapa tahun belakangan, mahasiswa serta dosen-dosen Jurusan Biologi melakukan pengabdian dan penelitian di Desa Torosiaje ini.

Pada awal September 2013, Jurusan Biologi juga mengadakan kegiatan yang spektakuler, yakni penanaman Mangrove di perairan Torosiaje sebanyak 5.000 pohon selama 50 menit, yang di ikuti oleh mahasiswa Jurusan Biologi, Dosen, serta warga setempat. Kegiatan pelestarian lingkungan ini menjadi salah satu kado pada Ulang TahunEmasUNG.

Agenda
11 November 2016
Seminar Internasional
Seminar Internasional dengan tema “Hilirisasi Pertanian Berbasis Lokal Untuk Kemandirian Pangan"
11 November 2016
Southeast Asian Agriculture Student Conference
Seminar Mahasiswa ASEAN
16 - 18 September 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 16- 18 September 2016.
05 September - 07 Agustus 2016
VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNG dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi Program Studi. Adapun Program Studi yang akan di Akreditasi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Pelaksanaan Akreditasi pada tanggal 05 - 07 September 2016.
Tautan Unit