Janwar Hippy, Meski Aktif Berorganisasi, Bisa Selesaikan Studi Tepat Waktu

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 September 2016 . 20:19:00

 

GORONTALO - Meski memiliki tugas utama untuk fokus pada kegiatan akademik, seorang mahasiswa juga dituntut mengembangkan kemampuannya melalui wadah aktifitas organisasi. Namun keaktifan mahasiswa pada organisasi terkadang sering menghambat kegiatan akademik mahasiswa, yang mengakibatkan terbengkalainya waktu studi selama kuliah.

Akan tetapi anggapan bahwa mahasiswa yang aktif di organisasi internal maupun eksternal kampus tidak bisa wisuda tepat waktu dipatahkan oleh Janwar Hippy, mahasiswa Fakultas Hukum yang ikut dalam prosesi Wisuda Periode Agustus-September 2016. Dikenal sebagai mahasiswa yang aktif berkecimpung di dunia organisasi dalam dan luar kampus, nyatanya Januar mampu menyelesaikan studi tepat waktu, bahkan sukses meraih predikat Cumlaude.

Menurut Janwar , aktif berorganisasi bukanlah alasan untuk tidak menjalani proses perkuliahan, karena kewajiban utama seorang mahasiswa adalah mengikuti seluruh proses akademik yang berlangsung kampus. Salah satu cara untuk dapat menjalankannya keduanya secara bersamaan adalah dengan malakukan komunikasi dengan dosen, sehingga ketika ada tugas dalam organisasi tidak akan menggangu kegiatan akademik.

 

 

"Setiap ada kegiatan keorganisasian, saya selalu mengkomunikasikannya dengan Dosen pengampuh mata kuliah maupun dosen penasehat akademik. Sehingga aktifitas kuliah saya tidak akan terganggu," ungkap Janwar.

Selain aktif berkomunikasi dengan dosen, Ia kerap menerapkan manajemen waktu, untuk membagi antara aktifitas organisasi dan kuliahnya. Meski begitu ia mengaku tetap memprioritaskan kegiatan akademiknya, dibandingkan dengan kegiatan organisasi.

"Saya selalu ingat pesan kedua orang tua. Bahwa apapun yang terjadi, saya harus bisa menyelesaikan studi tepat waktu selama 4 tahun, dengan nilai yang memuaskan," ujar Wisudawan yang juga bercita-cita menjadi seorang politisi. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61