ITP Launching Program Bazar Wirausaha

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Februari 2016 . 08:37:00

 

GORONTALO - Sebagai upaya untuk memberikan wadah penyalur kreatifitas mahasiswa dibidang kewirausahaan, Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan me-launching program Bazar Mingguan, Kamis (18/2). Program unggulan Jurusan ITP tersebut secara resmi di launching Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, dengan disaksikan Jajaran Pimpinan Fakultas Pertanian UNG.

Ketua Jurusan ITP Ir. Zainudin A. K. Antuli, M.Si, mengungkapkan, bazar wirausaha merupakan salah satu program utama pembinaan soft skill mahasiswa di tahun 2016. Selain untuk membangun jiwa enterpreneur, program ini juga untuk menyalurkan kreatifitas serta inovasi yang diciptakan mahasiswa dalam mengelola bahan hasil pertanian, menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

"Kreatifitas mahasiswa ITP banyak menghasilkan olahan bahan pangan lokal yang kreatif, sehingganya pihak jurusan berinisiatif memberikan wadah melalui bazar agar kreatifitas mereka dapat tersalurkan dan menghasilkan keuntungan bagi mereka," ungkap Kajur.

Dijelaskan Kajur, Bazar ini nantinya akan dilaksanakan setiap minggu pada hari kamis dan jumat, yang akan diikuti kelompok wirausaha binaan Fakultas Pertanian, dengan seluruh produknya menggunakan bahan pangan lokal Gorontalo.

"Melalui program ini juga kami ingin mempromosikan jurusan ITP kepada masyarakat. Karena sebagai jurusan yang baru seumur jagung, kami ingin terus menunjukkan eksistensi kami di masyarakat," terangnya.

 

 

Wakil Dekan 3 Faperta Wawan K Tolinggi, SP, M.Si, mengatakan, jajaran pimpinan Faperta akan senantiasa memberikan dukungan dalam mendukung progran pengembangan kreatifitas mahasiswa. Dukungan tersebut diantaranya melalui pembinaan secara langsung maupun pemenuhan sarana dan prasarana penunjang progran kemahasiswaan.

"Komitmen Fakultas yakni mendukung penuh seluruh program yang bermuara pada peningkatan kualitas mahasiswa. Dan diharapkan progran ini dapat dilakukan secara berkesinambungan," kata Wawan.

Sementara itu, Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd turut mengapresiasi program bazar wirausaha Jurusan ITP. Menurutnya, program semacam ini akan sangat penting mendukung pengembangan pilar pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa kampus merah maron.

"Saya berharap produk wirausaha mahasiswa ITP tidak hanya dipasarkan di lingkup Faperta saja, namun juga dapat dipasarkan ke Fakultas lain dan juga masyarakat luas," harap Rektor.

Untuk mendukung pengembangan wirausaha, UNG nantinya bakal mengembangkan lokasi Food Court yang nantinya akan disewakan untuk masyarakat umum, akan tetapi Food Court tersebut akan lebih diprioritaskan untuk digunakan mahasiswa yang ingin mengembangkan produk wirausahanya.

Launching Bazar Mingguan turut dirangkaian dengan pembukaan kegiatan Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Championship, yang akan mengadakan sejumlah perlombaan diantaranya, lomba puisi, tilawah, vokalia, dan sejumlah kegiatan olahraga lainnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0