ITK Gali Potensi Penelitian Melalui Convergent Day

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 7 Januari 2016 . 08:42:56

 

GORONTALO – Dalam menggali potensi mahasiswa dalam mendukung tri dharma perguruan tinggi dibidang penelitian, Jurusan Ilmu dan Teknlogi Kebumian (ITK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universtas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kegiatan presentasi hasil penelitian yang dibalut dalam program Convergent Day, Rabu (6/1). Di Laboratorium Alam Jurusan ITK.

Convergent Day merupakan program kompetisi pemaparan hasil penelitian maupun literature rewiew yang dilakukan mahasiswa jurusan ITK. Pada program ini, mahasiswa diwajibkan untuk memaparkan penelitiannya menggunakan bahasa inggris.

“program ini semata-mata dilakukan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam berbahasa inggris. Sehingga tidak hanya kemampuan penelitiannya saja yang diasah, juga dibarengi kemampuan berbahasa asing,” ungkap Ketua Jurusan Ilmu dan Teknlogi Kebumian (ITK) Dr. Sunarty Suly Eraku, S.Pd., M.Pd.

Lebih lanjut dijelaskan Sunarti, covergent day adalah salah satu dari tujuh kegiatan yang diprogramkan Jurusan. Selain covergent day, program tersebut diantaranya The Matoduwolo, Open Practice, Sketch on The Road, Friday Mubarak, English and Hulonthalo Ngongohui dan Fermat Effect, yang seluruhnya dibingkai dalam Student Progressive Program.

“Student Progressive Program merupakan salah satu upaya untuk mendukung visi jurusan ITK yakni terwujudnya program studi geografi yang unggul dan inovatif di kawasan Asia Tenggara tahun 2035,” terang Sunarti.

 

 

Sementara itu, Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, turut memberikan apresiasi atas eksistensi jurusan ITK melalui beragam program akademik yang saat ini tengah dirintis. Diakui Evi, pada pembentukan jurusan ITK beberapa tahun lalu, terbesit keraguan bahwa ITK mampu bersaing dengan jurusan lainnya di FMIPA.

“Keraguan itu seketika sirna dengan melihat eksistensi dan perkembangan yang sangat pesat dari jurusan ITK. Saya berharap ITK mampu berkembang lebih baik lagi dimasa mendatang,” harap Evi.

Menurut Evi, pemaparan penelitian berbahasa inggris ini sangat penting dalam melatih kemampuan bahasa asing mahasiswa. Karena kecakapan bahasa asing ini merupakan salah satu modal penting mahasiswa UNG untuk bisa memperoleh beasiswa studi ke luar negeri.

“Berbekal kemampuan akademik serta berbahasa asing, salah satu mahasiswa FMIPA menerima beasiswa studi ke Ehime University, dan diharapkan melalui program semacam ini akan lebih banyak lagi mahasiswa FMIPA yang bisa melanjutkan studi ke luar negeri sesuai dengan program Rektor UNG,” pungkas Evi. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61