Inovasi SIMprodi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 April 2015 . 17:49:00

Manajemen Database Akademik

“Tahun 2016 Rektor menargetkan penerapan SIMProdi seluruh Fakultas khususnya Program Studi harus terealisasi 100 persen”

 

 

Inovasi baru untuk manajemenjurusan/program studi di Universitas Negeri Gorontalo berbasis database. Ini tak hanya bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen, Sistem Informasi Manajemen Program Studi (SIM Prodi) juga menawarkan kemudahan bagi operator dan Ketua Prodi. Sebelumnya mahasiswa dan prodi disibukkan mengelola administrasi yang sering menghambat pelaksanaan ujian dan pengurusan wisuda, setidaknya dengan kehadiran SIMProdi ini dapat dimudahkan pekerjaannya. SIMProdi yang dirancang sedemikian rupa memungkinkan mahasiswa melakukan urusan manejerial atau pengelolaan administrasi tanpa batas ruang dan waktu. “Mahasiswa tinggal mendaftar online melalui website simprodi@ung.ac.id,” ungkap Rizan Machmud, S.Kom, M.Si dosen Fakultas Ekonomi Bisnis UNG yang juga sempat lama bekerja di PT. Telkom ini.

Dirintisnya SIMProdi, sebagai contoh kata Rizan, selama iniProdi Manajemen hanya memiliki satu operator dan sering kelabakan pada musim ujian. Tercatat total 925 mahasiswa yang aktif di jurusanya. Saat ini sebanyak 200 mahasiswa angkatan 2011 siap mengikuti ujian. “Bayangkan operator harus membuat undangan untuk 200 mahasiswa dalam setiap ujian, pasti butuh waktu yang lama. Dengan SIMProdi ini semua masalah itu dapat teratasi dan semua pekerjaan lancar sesuai rencana tanpa menambah tenaga operator. Bahkan dengan system ini, karya tulis maupun artikel mahasiswa telah melalui Simprodi agar mudah diakses dan diperiksa termasuk dijadikan arsip bagi dosen,” ujarnya meyakinkan.

Dikatakan Rizan, SIMProdi memiliki keunggulan lain, dimana websitenya terintegrasi langsung dengan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT), Sistem Informasi Tata Usaha (SITU) dan Sistem Infomasi lainnya di Universitas Negeri Gorontalo. Kaprodi Manajemen ini menambahkan, operator maupun Prodi hanya memvalidasi data mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran ujian. Selain itu, Kaprodi dengan mudah menentukan pembimbing proposal/skripsi, penguji, jadwal ujian, ruang ujian dan bidang keahlian untuk selanjutnya divalidasi dan diakses dalam bentuk undangan.

Rizan membeberkan, pengggunaan SIMProdi tak hanya sebatas urusan mendaftar ujian melainkan keperluan penting lainnya, seperti penyebarluasan undangan seminar, lembar persetujuan, lembar saran, lembar nilai dan sebagainya tanpa perlu diketik operator satu persatu.

Manfaat lain dengan memanfaatkan system ini, yakni menghambat plagiat dikalangan mahasiswa dalam penyusunan proposal hingga skripsi. Dimana nantinya, proposal mahasiswa akan di-scan dengan menggunakan software anti plagiat yang terintegrasi internet, system dapat menemukan berapa persen tingkat plagiat di dalamnya. Diakuinya, bahwa Prodi Manajemen telah menjalankan sistem ini sejak Januari 2015 sekaligus menjadi Jurusan yang pertama kali menjalankan SIMProdi.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, memberikan dukungan penuh terhadap inovasi pemanfaatan IT yang dikembangkan seluruh fakultas di lingkungan kampus merah maron. Bahkan rektor meminta seluruh fakultas untuk sesegera mungkin merampungkan penerapan system informasi program studi tersebut. “2015 ini minimal 2 Program Studi (Prodi) sudah tersambung. Dibeberapa fakultas lain telah terealisasi dan telah berbasis online. Dan untuk seluruh fakultas minimal tahun ini harus ada 2 Prodi yang tersambung SIMProdi,” harapnya.

Tahun 2016Rektor menargetkan penerapan SIMProdi seluruh Fakultas khususnya Program Studi harus terealisasi 100 persen. “Kita berharap seluruh kegiatan kampus ini seluruhnya telah berbasis IT. Dan itu menjadi infrastruktur utama dalam mengembangkan kampus ini sebagai Leading University. Artinya, semua proses baik itu akademik, keuangan dan proses administrasi sudah berbasis IT tanpa terkecuali,” tandas Rektor. #

 

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0