Inovasi Metode Pembelajaran Penting Untuk Dukung Kualitas Pendidikan

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 20 Maret 2018 . 13:06:50

 

GORONTALO – Semakin pesatnya perkembangan waktu dan teknologi yang berimbas dalam berbagai bidang pendidikan, mendorong UNG untuk terus berupaya mengembangkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal tersebut tercermin dengan digelarnya kegiatan seminar internasional dengan topik Inovasi Metode Pembelajaran untuk Anak Usia Dini (Innovative Teaching Method for Young Learners), Senin (19/2), di Auditorium UNG.

Penanggung Jawab Kegiatan mengungkapkan, Seminar internasional bidang pendidikan merupakan hasil kolaborasi antara Jurusan S1 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, dengan Prodi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana UNG. Menghadirkan 4 pemateri utama dengan 2 pemateri diantaranya berasal dari luar negeri yakni Prof. Masayuki Sakakibara dari Jepang dan Alicia Bradley, M.Ed dari USA.

Wakil Dekan I FIP Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd menuturkan bahwa sebuah inovasi dalam pembelajaran sangat penting dalam mendukung kualitas proses pendidikan. Karena seiring dengan berkembangnya zaman, inovasi metode pembelajaran diperlukan untuk mengimbangi perkembangan tersebut.

“Inovasi tersebut harus dilakukan agar metode pendidikan yang diterapkan dapat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan maksimal dan tepat sasaran,” ungkap Arwil.

Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa dalam menghasilkan kualitas pendidikan yang baik, tidak hanya dengan fokus pada pengembangan kualitas guru saja. Namun juga harus dibarengi dengan dukungan metode pembelajaran yang inovatif dan berkarakter.

“Dengan kualitas guru yang baik dan didukung metode pembelajaran yang bagus, dapat menghasilkan sebuah proses pendidikan yang berkualitas,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan Sarson, dalam metode proses pendidikan khususnya pada usia dini sangat berbeda dengan tingkatan diatasnya. Dimana pada pendidikan usia dini harus lebih ditekankan pada pendidikan karakter, dibandingkan dengan pendidikan mata pelajaran.

“Karakter tersebut harus dibangun sejak usia dini, diantaranya melalui pembiasaan hal-hal positif. Karakter tersebut nantinya sebagai modal awal untuk menggapai pendidikan ditingkat lebih tinggi lagi,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61