Ini Respon Kemendagri dan Kemendes-PDTT Tentang Pengembangan Kawasan Teluk Tomini

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 Maret 2021 . 11:58:51

GORONTALO – Langkah awal Universitas Negeri Gorontalo dalam merealiasikan program pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Teluk Tomini menjadi kawasan ekonomi khusus berbasis perdesaan telah dimulai. Gebrakan yang dilakukan oleh UNG tersebut mendapat respon positif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa-PDTT (Kemendes-PDTT).

Kemendes-PDTT melalui Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Ir. Herlina Sulistyorini, M.Si, mengapresiasi gebrakan UNG dengan membentuk Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini berbasis perdesaan. Menurutnya melalui pre regional meeting merupakan permualan yang baik, untuk nantinya kedepan harus lebih bekembangan dengan cikal-bakal dan keunggulan yang dimiliki oleh kawasan Teluk Tomini.

“Dengan potensi yang ada dikawasan ini saya meyakini tidak dalam waktu yang lama teluk tomini akan menjadi pionir dalam pengembangan perdesaan,” ungkap Herlina.

Senada dengan Herlina, Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes-PDTT Ir. Eko Sri Haryanto, MM mengakui potensi kawasan teluk tomini sangat banyak dan luar biasa akan tetapi merealiasikan program ini membutuhkan kerja keras terutama bagi Pemerintah Daerah, Masyarakat itu sendiri, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi sebagai inisiator dan pihak terkiat lainnya yang memiliki peran pada program ini.

Menurutnya pembangunan kawasan teluk tomini harus kita pikirkan bersama, karena sebenarnya dalam tujuan pembangunan terutama didalam menyangkut pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

“Karena zaman sekarang kita tidak bisa membangun sendiri namun harus bersama-sama, sehingga dibutuhkan komunikasi dan intergrasi antara seluruh pihak yang saling berkaitan,” ujar Eko.

Sementara itu Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr. Yusharto Huntuyungo, M.Pd, merespon positif program kawasan ekonomi khusus yang digagas oleh UNG. Menurutnya program ini sangat penting karena dalam pelaksanaannya menyangkut pengembangan kawasan Perdesaan, yang meliputi beberapa Desa yang dikembangkan secara bekerjasama antar satu sama lain.

“Semangat mewujudkan kawasan ekonomi khusus ini menjadi penting dan sangat relevan saat ini. Optimisme kami dengan program ini karena potensi yang ada dikawasan ekonomi yang digagas ini sangat terbuka untuk dikembangkan,” jelas Yusharto. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61