Ikbal: Lulusan Faperta Tidak Hanya Pandai Bertani

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Februari 2016 . 14:31:26

 

GORONTALO – Dalam menempa pendidikan mahasiswa selama 4 tahun guna menempuh gelar sarjana, Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Negeri Gorontalo tidak hanya fokus pada pendidikan akademik sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni. Namun juga dibarengi dengan pembekalan kemampuanya lain, khususnya berkaitan dengan pengembangan soft skill sebagai modal tambahan.

“Jangan dikira saat ini lulusan mahasiswa Fakultas Pertanian UNG hanya pandai memacul, bertani dan beternak. Lulusan Faperta juga dapat terpakai dibidang pekerjaan lainnya, karena selama dibangku kuliah, kami tidak hanya fokus mengasah kemampuan keilmuan yang ditekuni, namun juga pengetahuan lainnya,” ungkap Dekan Fakultas Pertanian UNG Dr. Muhammad Ikbal Bahua, SP, M.Si, saat memberikan sambutan dihadapan calon wisudawan Faperta periode Februari 2016, Selasa (2/2).

Lebih lanjut dijelaskan Ikbal, selama 4 tahun kuliah mahasiswa di lingkungnya senantiasa dibekali dengan pengetahuan serta kemampuan yang menunjang kreatifitas mahasiswa, melalui kegiatan ekstrakurikuler maupun melalui kegiatan organisasi kemahasiswaan.

Selain itu juga, pengembangan soft skill khususnya dibidang kewirausahaan juga menjadi prioritas pembinaan selama kuliah. Program ini kata Ikbal, sejalan dengan pengembangan 4 pilar pengembangan UNG yang salah satunya focus pada Soft skill wirausaha mahasiswa.

“Jadi jangan heran ketika lulus nanti, lulusan Faperta tidak hanya berkecimpung dengan dunia pertanian maupun peternakah semata. Sebagian lulusan bahkan terpakai disejumlah perusahaan swasta bahkan juga terpakai di perusahaan perbankan,” terang Ikbal.

Kendati lulusan Faperta dapat terpakai diberbagai bidang pekerjaan, Ikbal meminta kepada para lulusan tidak melupakan bidang pengetahuan yang pernah digeluti selama dibangku kuliah, untuk dapat diamalkan dimasyarakat. Karena salah satu tujuan utama dibentuknya Fakultas ini untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang mampu melanjutkan program pembangunan pertanian.

“Silahkan kalian bergelut dengan bidang pekerjaan yang anda senangi, tapi jangan lupa amalkan pengetahuan yang kalian miliki. Pengetahuan tersebut akan sangat penting untuk kelangsungan bangsa ini, karena tanpa pertanian, perikanan dan peternakan, bangsa ini tidak akan bisa berbuat apa-apa,” tandas Ikbal. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61