HSO Grup Musik Orkestra Pertama di Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Oktober 2015 . 08:32:00

 

GORONTALO – Hulonthalo Strings Orchestra (HSO) secara resmi terbentuk pada tanggal 11 April 2015, yang saat ini merupakan grup music orchestra yang ada di Bumi Serambi Madinah. HSO sendiri merupakan music Orkestra binaan jurusan sendratasik Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo, yang digagas oleh Nugrah P. Pilongo, S.Pd, M.Sn yang juga saat ini berprofesi sebagai dosen pada Jurusan Sendratasik. Dimana seluruh anggotanya saat ini berjumlah 35 orang, yang seluruhnya merupakan mahasiswa dari Jurusan Sendratasik.

Dijelaskan Nugrah, HSO sendiri dibentuk sebagai respon atas keinginan masyarakat Gorontalo itu sendiri, yang dalam hal ini diwakili oleh para mahasiswa Jurusan Sendratasik. Terlebih Mahasiswa juga memiliki keinginan untuk bisa mengusai berbagai macam alat music yang saat ini tengah berkembang.

Apalagi saat ini perkembangan music di Indonesia saat ini sangat pesat, dengan mengusung berbagai macam aliran music. Akan tetapi saat ini, untuk Gorontalo sendiri levelnya masih sebatas Marching Band, Musik Band serta Musik Grup Vokal.

“Dengan memanfaatkan keinginan serta minat mahasiswa, kami mencoba menantang diri dengan mendorong mereka menapaki level yang lebih tinggi lagi dengan membentuk Grup Musik Orkestra. Sehingga lahirlah Hulonthalo Strings Orchestra, sebagai perintis grup music orkestra pertama di Gorontalo,” ungkap Nugrah.

Diakui Nugrah dalam membentuk grup music orkestra ini bukanlah perkara yang mudah, selain dituntut untuk bisa meyakinkan mahasiswa untuk terjun didunia music orkestra. Dirinya juga harus mampu meningkatkan musikalitas para personilnya, untuk bisa melantunkan music orkestra itu. Terlebih lagi salah satu kendala yang dihadapi yakni kurangnya ketersediaan alat sebagai syarat utama memainkan musik tersebut.

“Dengan kesungguhan yang ditunjukkan para mahasiswa hambatan tersebut bukanlah masalah yang besar. Karena keseriusan serta atusiasme yang mereka tunjukkan begitu tinggi. Bahkan mereka rela merogoh kantong masing-masing untuk membeli alat music pendukung, yang semata-mata bertujuan untuk eksistensi Grup Musik ini,” terangnya.

Diakui Nugrah, tentunya standar dari Grup Musik ini masih sangat jauh jika dibandingkan dengan music orkestra yang saat ini telah tenar, dan hal tersebut tentunya akan menjadi prioritas untuk peningkatan kualitas grup ini kedepannya. Untuk saat ini musikalitas yang menjadi fokus pada orkestra ini, masih terfokus pada aliran genre music Pop, Karena sebagai orkestra baru, skil dan keahlian mahasiswa dalam memainkan genre music tersebut sangat mempuni.

“Untuk genre music lainnya seperti music klasik maupun beethoven, kami tentunya akan tetap menjangkau genre music tersebut. Namun akan dilakukan secara bertahap,” terangnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61