HSO Grup Musik Orkestra Pertama di Gorontalo

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 28 Oktober 2015 . 08:32:00

 

GORONTALO – Hulonthalo Strings Orchestra (HSO) secara resmi terbentuk pada tanggal 11 April 2015, yang saat ini merupakan grup music orchestra yang ada di Bumi Serambi Madinah. HSO sendiri merupakan music Orkestra binaan jurusan sendratasik Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo, yang digagas oleh Nugrah P. Pilongo, S.Pd, M.Sn yang juga saat ini berprofesi sebagai dosen pada Jurusan Sendratasik. Dimana seluruh anggotanya saat ini berjumlah 35 orang, yang seluruhnya merupakan mahasiswa dari Jurusan Sendratasik.

Dijelaskan Nugrah, HSO sendiri dibentuk sebagai respon atas keinginan masyarakat Gorontalo itu sendiri, yang dalam hal ini diwakili oleh para mahasiswa Jurusan Sendratasik. Terlebih Mahasiswa juga memiliki keinginan untuk bisa mengusai berbagai macam alat music yang saat ini tengah berkembang.

Apalagi saat ini perkembangan music di Indonesia saat ini sangat pesat, dengan mengusung berbagai macam aliran music. Akan tetapi saat ini, untuk Gorontalo sendiri levelnya masih sebatas Marching Band, Musik Band serta Musik Grup Vokal.

“Dengan memanfaatkan keinginan serta minat mahasiswa, kami mencoba menantang diri dengan mendorong mereka menapaki level yang lebih tinggi lagi dengan membentuk Grup Musik Orkestra. Sehingga lahirlah Hulonthalo Strings Orchestra, sebagai perintis grup music orkestra pertama di Gorontalo,” ungkap Nugrah.

Diakui Nugrah dalam membentuk grup music orkestra ini bukanlah perkara yang mudah, selain dituntut untuk bisa meyakinkan mahasiswa untuk terjun didunia music orkestra. Dirinya juga harus mampu meningkatkan musikalitas para personilnya, untuk bisa melantunkan music orkestra itu. Terlebih lagi salah satu kendala yang dihadapi yakni kurangnya ketersediaan alat sebagai syarat utama memainkan musik tersebut.

“Dengan kesungguhan yang ditunjukkan para mahasiswa hambatan tersebut bukanlah masalah yang besar. Karena keseriusan serta atusiasme yang mereka tunjukkan begitu tinggi. Bahkan mereka rela merogoh kantong masing-masing untuk membeli alat music pendukung, yang semata-mata bertujuan untuk eksistensi Grup Musik ini,” terangnya.

Diakui Nugrah, tentunya standar dari Grup Musik ini masih sangat jauh jika dibandingkan dengan music orkestra yang saat ini telah tenar, dan hal tersebut tentunya akan menjadi prioritas untuk peningkatan kualitas grup ini kedepannya. Untuk saat ini musikalitas yang menjadi fokus pada orkestra ini, masih terfokus pada aliran genre music Pop, Karena sebagai orkestra baru, skil dan keahlian mahasiswa dalam memainkan genre music tersebut sangat mempuni.

“Untuk genre music lainnya seperti music klasik maupun beethoven, kami tentunya akan tetap menjangkau genre music tersebut. Namun akan dilakukan secara bertahap,” terangnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0