Hadirkan Pembicara Nasional, UPT Perpustakaan Gelar Workshop Rahasia MS Word

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 24 Juli 2020 . 19:35:34

 

 

GORONTALO - MS Word adalah salah satu program microsoft yang populer digunakan ketika menyusun karya ilmiah. Sayangnya, masih banyak fitur dalam perangkat ini yang belum dapat digunakan secara maksimal oleh kebanyakan pengguna. Menyikapi hal ini, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar workshop dengan tema Rahasia MS Word: Mengetik karya ilmiah jadi lebih mudah & praktis. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 23 Juli 2020 secara daring.

Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Ismet Sulila, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi civitas akademika UNG, baik mahasiswa, tenaga kependidikan, maupun dosen, untuk memaksimalkan penggunaan fitur-fitur dalam MS Word ketika menyusun dokumen ilmiah.

Kegiatan ini menurutnya, merupakan satu dari rangkaian workshop & webinar yang akan diselenggarakan UPT Perpustakaan selama satu semester ke depan.

Wakil Rektor IV UNG, Prof. Ikhfan Haris, saat membuka kegiatan menuturkan bahwa penting bagi civitas akademika UNG, utamanya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, untuk mengasah kemampuan menggunakan MS Word. Dengan demikian, dokumen yang dihasilkan menjadi lebih praktis dan memudahkan saat diakses, seperti ketika mahasiswa menyerahkan draft skripsi untuk dibaca oleh dosen pembimbing.

Dalam gelaran workshop yang pertama ini, UPT Perpustakaan menghadirkan Dr. Kristian Agung Prasetyo sebagai narasumber. Dr. Agung, begitu beliau biasa disapa, bekerja sebagai dosen di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), yang juga merupakan penulis buku Panduan Karya Tulis Ilmiah dengan MS Word 365 & 2019.

Dalam paparannya, Dr. Agung langsung menunjukkan bagaimana otomatisasi pengetikan menggunakan MS Word sehingga lebih memudahkan dan praktis bagi penyusunnya. Dalam waktu dua jam, berbagai cara praktis mengetik dokumen beliau ulas, seperti mengatur tampilan dokumen, membuat tabel/gambar/ beserta caption-nya, sampai dengan membuat daftar isi. Jika dilakukan secara otomatis, tutur Dr. Agung, maka tampilan dokumen ilmiah yang dibuat akan menjadi jauh lebih rapi.

Pada bulan Agustus dan September 2020 ini, UPT Perpustakaan akan kembali menggelar Workshop on Zotero (aplikasi yang dapat membantu dalam penelusuran referensi dan sitasi ketika menyusun karya ilmiah) dan webinar layanan kepustakaan di masa kenormalan baru dengan narasumber dari dalam dan luar negeri. Rangkaian kegiatan daring ini juga dimaksudkan untuk memeriahkan Dies Natalis ke 57 Universitas Negeri Gorontalo.

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0