Hadirkan Pembicara Nasional, UPT Perpustakaan Gelar Workshop Rahasia MS Word

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 24 Juli 2020 . 19:35:34

 

 

GORONTALO - MS Word adalah salah satu program microsoft yang populer digunakan ketika menyusun karya ilmiah. Sayangnya, masih banyak fitur dalam perangkat ini yang belum dapat digunakan secara maksimal oleh kebanyakan pengguna. Menyikapi hal ini, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar workshop dengan tema Rahasia MS Word: Mengetik karya ilmiah jadi lebih mudah & praktis. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 23 Juli 2020 secara daring.

Kepala UPT Perpustakaan, Dr. Ismet Sulila, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi civitas akademika UNG, baik mahasiswa, tenaga kependidikan, maupun dosen, untuk memaksimalkan penggunaan fitur-fitur dalam MS Word ketika menyusun dokumen ilmiah.

Kegiatan ini menurutnya, merupakan satu dari rangkaian workshop & webinar yang akan diselenggarakan UPT Perpustakaan selama satu semester ke depan.

Wakil Rektor IV UNG, Prof. Ikhfan Haris, saat membuka kegiatan menuturkan bahwa penting bagi civitas akademika UNG, utamanya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, untuk mengasah kemampuan menggunakan MS Word. Dengan demikian, dokumen yang dihasilkan menjadi lebih praktis dan memudahkan saat diakses, seperti ketika mahasiswa menyerahkan draft skripsi untuk dibaca oleh dosen pembimbing.

Dalam gelaran workshop yang pertama ini, UPT Perpustakaan menghadirkan Dr. Kristian Agung Prasetyo sebagai narasumber. Dr. Agung, begitu beliau biasa disapa, bekerja sebagai dosen di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN), yang juga merupakan penulis buku Panduan Karya Tulis Ilmiah dengan MS Word 365 & 2019.

Dalam paparannya, Dr. Agung langsung menunjukkan bagaimana otomatisasi pengetikan menggunakan MS Word sehingga lebih memudahkan dan praktis bagi penyusunnya. Dalam waktu dua jam, berbagai cara praktis mengetik dokumen beliau ulas, seperti mengatur tampilan dokumen, membuat tabel/gambar/ beserta caption-nya, sampai dengan membuat daftar isi. Jika dilakukan secara otomatis, tutur Dr. Agung, maka tampilan dokumen ilmiah yang dibuat akan menjadi jauh lebih rapi.

Pada bulan Agustus dan September 2020 ini, UPT Perpustakaan akan kembali menggelar Workshop on Zotero (aplikasi yang dapat membantu dalam penelusuran referensi dan sitasi ketika menyusun karya ilmiah) dan webinar layanan kepustakaan di masa kenormalan baru dengan narasumber dari dalam dan luar negeri. Rangkaian kegiatan daring ini juga dimaksudkan untuk memeriahkan Dies Natalis ke 57 Universitas Negeri Gorontalo.

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61