Guru Harus Mengimbangi Perkembangan Era Revolusi 4.0

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Desember 2018 . 08:05:26

 

GORONTALO – Perkembangan pesat dunia teknologi yang ditandai dengan era revolusi 4.0 menuntut seluruh bidang dapat ikut berkembang dalam mengimbangi perkembangan zaman tersebut. Salah satu elemen yang harus bergerak cepat mengimbanginya adalah dunia pendidikan yang didalamnya oleh para guru.

“Tantangan besar harus dihadapi dunia pendidikan di Era Revolusi 4.0. Dimana dunia pendidikan dituntut untuk dapat memperkuat perannya sebagai sumber pengetahuan yang dimotori oleh para Guru,” ungkap Rektor saat membuka kegiatan Seminar Nasional Pendidikan, dengan tema profesioalisme guru dalam menjawab tantangan dunia pendidikan diera revolusi 4.0, Selasa (18/12),.

Diera saat ini sumber pembelajaran siswa tidak hanya ada disekolah, dan para guru bukanlah satu-satunya sumber pengetahuan dan informasi. Justru kemajuan industri khusunya bidang teknologi mampu menyediakan kemudahan beragam sumber ilmu pengetahuan, dari mana saja dan dapat diakses kapan saja.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi tersebut, menuntut para guru tidak hanya profesional namun juga harus mengimbangi dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran.

“Guru harus mampu merubah cara mendidik yang relevan dengan perkembangan zaman. Diantranya dengan menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif, berbasis teknologi dan mulitemdia yang menarik siswa untuk belajar di Sekolah,” terangnya.

Selain itu menurut Rektor, para Guru juga harus memperkuat pemahaman mereka dalam memanfaatkan teknologi sebagai bahan pendukung pembelajaran sebagai guru melek teknologi.

“Guru profesional di era revolusi 4.0 merupakan guru yang mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi digital untuk proses pembelajara. Karena sekarang ini bukan hanya kompetensi dan ijazah yang dibutuhkan, namun juga bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut,” tandas Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61