Genjot Potensi Inovasi Mahasiswa, UNG Bentuk Forum Mahasiswa Berprestasi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 27 April 2018 . 10:16:00

 

GORONTALO – Keseriusannya dalam memaksimalkan potensi pengembangan inovasi diseluruh bidang yang benaung di lingkungan Kampus, terus ditunjukkan Universitas Negeri Gorontalo. Ditingkatan mahasiswa sendiri, keseriusan ditunjukkan UNG dengan membentuk sebuah forum khusus yang mewadahi potensi inovasi mahasiswa melalui Forum Mahasiswa Berprestasi (Formapres).

Menurut Kepala Pusat Inovasi Universitas (PIU) Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, M.Psi, dibentuknya Formapres sebagai wadah para mahasiswa UNG dalam mewadahi, sekaligus mengembangkan potensi ide-ide hasil kreatifitas mahasiswa yang bermuara pada produk inovatif bagi kampus.

“Mahasiswa merupakan gudangnya ide-ide kreatif. Kemampuan para mahasiswa tersebut harus dapat kita dorong dan beri wadah seperti Formapres, agar dapat menghasilkan produk inovatif yang bermanfaat untuk masyarakat,” ungkap Dr. Sukma.

Formapres kata Dr. Sukma, merupakan Forum mahasiswa yang dibawahi langsung oleh Pusat Inovasi Universitas, yang nantinya akan berperan sebagai agen-agen pusat inovasi dalam menggairahkan semangat berinovasi dikalangan mahasiswa UNG.

“Forum ini kami bentuk dari kumpulan mahasiswa berprestasi UNG perwakilan dari seluruh Fakultas. Salah satu tugas utama dari Forum ini yakni, mensosialisasikan dan menggugah perilaku berinovasi dari civitas akademika UNG khususnya dikalangan mahasiswa, dalam menghasilkan karya penelitian berupa produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Langkah Pusat Inovasi Univeritas dengan membentuk Formapres mendapat apresiasi dari Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, Menurut Rektor salah satu potensi besar inovasi pada Perguruan Tinggi ada pada ide-ide kreatif mahasiswa, dimana potensi ide tersebut harus dapat terus dirangsang dan dimotivasi agar dapat terus dikembangkan menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat.

“Potensi kreatifitas mahasiswa sangat besar, tinggal bagaimana pihak kampus dapat menghimpun kreatifitas tersebut dan dapat terus dibina secara berkesinambungan agar mampu menghasilkan produk inovasi, yang dapat mendorong kemajuan dari kampus itu sendiri,” pungkas Rektor. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61