Gelar MTQ, UNG Jaring Mahasiswa Berprestasi Dibidang Tilawah Al-Qur'an

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 2 April 2021 . 08:02:12

 

GORONTALO - Dalam menjaring Mahasiswa dengan prestasi di bidang tilawah Al-Qur'an, Universitas Negeri Gorontalo melaksanakan kompetisi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Kamis (1/4),. Ajang seleksi Mahasiswa berprestasi mempertemukan perwakilan dari seluruh Fakultas yang ada di UNG.

Menurut Ketua Panitia Djafar Lantoa, M.Pd menjelaskan, ajang MTQ tingkat Universitas akan menyeleksi Mahasiswa terbaik dalam 15 cabang lomba MTQ. Proses seleksi dilakukan dengan berdasarkan penilaian juri yang kompeten di bidang Tilawatil Quran, untuk mencari Mahasiswa terbaik yang akan mewakili UNG.

"Proses seleksi akan mencari Mahasiswa dengan pontensi bidang tilawah Al-Qur'an. Nantinya yang terbaik dalam 15 cabang lomba akan mewakili UNG pada ajang MTQ tingkat Nasional," ujar Djafar.

Bagi Mahasiswa terbaik yang terpilih menjadi wakil UNG, nantinya akan mengikuti pemusatan latihan untuk menggembleng dan mempermantap kemampuan serta persiapan menuju MTQ tingkat Nasional.

"Target kita adalah prestasi pada MTQ Nasional, olehnya persiapan akan dilakukan semaksimal mungkin agar peluang mencetak prestasi bisa diperoleh," terang Djafar.

Sementara itu Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, minta peserta MTQ tingkat Universitas dapat saling bersaing secara sportif, dengan menampilkan kemampuan terbaik dihadapan para juri.

"Tunjukkan kemampuan terbaik kalian untuk memukau para Juri. Tunjukkan Mahasiswa UNG bisa berprestasi dibidang Tilawah Al-Qur'an," kata Eduart.

Eduart berharap dalam ajang MTQ ini dapat menyeleksi Mahasiswa terbaik yang memiliki potensi mengantarkan prestasi bagi UNG.

"Prestasi Mahasiswa merupakan salah satu penilaian eksistensi Perguruan Tinggi. Bersar harapan Mahasiswa yang menjadi wakil UNG dapat menghadirkan prestasi membanggakan pada MTQ tingkat Nasional nanti," harapnya.

Adapun 15 cabang lomba yang dikompetisikan diantaranya, Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartil Quran, Musabaqah Qira’at Quran, Musabaqah Hifdzil Quran 5 Juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, Musabaqah Khattil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Syarhil Quran, Musabaqah karya tulis ilmiah kandungan Al-Quran, Musabaqah debat ilmiah kandungan Al-Quran dalam bahasa arab, Musabaqah debat ilmiah kandungan Al-Quran dalam bahasa inggris, Musabaqah desain aplikasi computer Al-Quran serta Musabaqah pembacaan kitab maulid Nabi Muhammad SAW. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61