FSB-UNG Laksanakan MTQ Tingkat Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 4 Maret 2015 . 11:57:00

Mendorong Prestasi dan Meningkatkan Keimanan

Tidak ada halangan bagi mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo khususnya Fakultas Sastra dan Budaya berkompetisi di Ajang Nasional dalam bidang Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Selain mengimplementasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan, Dekan FSB UNG Dr. Harto Malik, M.Hum meminta kepada seluruh mahasiswa di lingkungannya dapat mengukir prestasi yang terbaik dalam ajang MTQ tingkat Nasional yang diselenggarakan setiap tahun. Menurutnya, meski belum pernah menjuarai lomba di tingkat Nasional, setidaknya mahasiswa FSB pernah mewakili UNG. Tidak berlebihan apabila dalam mencapai keinginan tersebut, FSB menggelar MTQ tingkat Fakultas. “FSB memiliki tradisi dalam mengirimkan wakilnya pada ajang MTQ mahasiswa tingkat nasional dan prestasi tersebut harus terus dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan,” ungkap Harto.

Untuk mampu mempertahankan tradisi tersebut kata Harto, para mahasiswa harus mampu membekali diri masing-masing dengan sebaik-baiknya agar dapat menampilkan kemampuan terbaik. “Dengan memaksimalkan penampilan seluruh peserta, mahasiswa diberi motivasi dan dorongan agar mampu mengharumkan nama Fakultas di tingkat Universitas selanjutnya ke tingkat nasional,” terang Harto.

Selain itu, tak hanya pintar mengaji dan menghafal Qur’an, mahasiswa FSB dituntut bisa berpartisipasi dalam debat ilmiah kandungan Al-Qur’an bahasa arab. Tujuan akhir kegiatan bukanlah semarak saja, melainkan agar mahasiswa memiliki kemampuan softskill dan religious. Tak kalah penting, mahasiswa diharapkan dapat mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an dan diwujudkan dalam setiap aktivitas hidup terutama di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, sebanyak 52 mahasiswa FSB menyemarakkan MTQ tingkat Fakultas yang mengangkat tema “Membentuk Mahasiswa Beriman Dan Berakhlak Mulia”, begitu antusias. Kompetisi tersebut melombakan 13 bidang diantaranya, Mushabaqah Tilawatil Qur’an, Mushabaqah Tartil Qur’an, Mushabaqah Hifzil Qur’an 1 Juz, Mushabaqah Hifzil Qur’an 5 Juz, Mushabaqah Hifzil Qur’an 10 Juz, Mushabaqah Qira’at Sabah, Mushabaqah Fahmil Qur’an, Mushabaqah Syahril Qur’an, Mushabaqah Khathil Qur’an, Mushabaqah karya tulis ilmiah kandungan Al-Qur’an, debat ilmiah kandungan Al-Qur’an dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta Mushabaqah desain aplikasi komputer Al-Qur’an.

Antusiasme mahasiswa dalam mengikuti kompetisi MTQ diharapkan mampu memberi dampak positif secara individu dan menambah pengetahuan iman serta akhlak mulia bagi mahasiswa. #

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0