FSB Fokus Genjot 3 Program Unggulan Ditahun 2017

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 5 April 2017 . 10:13:11

 

GORONTALO - Agenda kegiatan dalam menggenjot kualitas pendidikan, penelitian dan prestasi mahasiswa, terus gencar dilakukan Fakultas Sastra dan Budaya. Salah satu diantaranya dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan melibatkan seluruh Pimpinan Fakultas hingga Program Studi, bersama seluruh Dosen, Senin (3/4), di Aula Rektorat UNG.

Dalam FGD kali ini, ada tiga hal yang berupaya dibahas dalam menggenjot pencapaian FSB ditahun 2017. Diantaranya menggenjot kualitas dan kuantitas lulusan melalui penyamaan persepsi pembimbingan Skripsi mahasiswa.

"Melalui penyamaan persepsi, diharapkan Dosen pembimbing mempunyai satu kesamaan dan kesepakatan ketika melakukan pembimbingan Skripsi mahasiswa. Sehingga tidak terjadi kontradiksi yang akan merugikan mahasiswa itu sendiri," ungkap Panitia Kegiatan Dr. Herson Kadir, S.Pd, M.Pd,.

Salah satu program lainnya yang diskusikan pada forum FGD, yakni bidang penelitian Dosen. Dimana FSB ingin menggenjot kualitas penelitian dosen melalui penyusunan roadmap keilmuan bidang penelitian Dosen. "FGD juga dirangkaikan dengan sosialisasi pembimbingan proposal program kreativitas mahasiswa (PKM), sebagai upaya menggenjot pencapaian prestasi mahasiswa melalui program kreativitas," jelasnya.

Dekan FSB Dr. Harto Malik, M.Hum dalam penyampaiannya menuturkan, penyamaan persepsi dalam pembimbingan skripsi sangat perlu dilakukan, dalam mendukung upaya peningkatan kualitas penyusunan skripsi maupun kuantitas lulusan. Apalagi dalam penyusunan skripsi mahasiswa kerap terhambat akibat perbedaan pandangan antara Dosen pembimbing.

"Selama 3 tahun terakhir FSB telah meluluskan sebanyak 650 mahasiswa. Capaian tersebut cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi kualitas dan kuantitasnya melalui penyamaan persepsi Pembimbingan," terang Dr. Harto.

Penyusun Roadmap keilmuan juga kata Dr. Harto, menjadi langkah penting guna menggenjot kualitas penelitian. Melalui penyusunan roadmap, diharapkan dapat memetakan bidang riset setiap Dosen, sehingga mereka dapat fokus meneliti sesuai bidang keilmuan masing-masing. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61