FPIK “Anak Bungsu” Berani Helat Seminar Internasioal

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 10 September 2015 . 09:14:00

GORONTALO – Semenjak berpisah dari Fakultas Pertanian pada tahun 2014 lalu, Fakultar Ilmu Perikanan dan Kelautan Universitas Negeri Gorontalo yang di nahkodai Dr. Hafidz Olii, mengambil langkah cepat dalam mengembangkan FPIK menjadi salah satu Fakultas yang turut berkontribusi dalam pengambangan kemaritiman di Indonesia khususnya di Gorontalo.

FPIK sendiri merupakan Fakultas kesepuluh yang dibentuk UNG, meski diusianya yang masih seumur jagung FPIK terus melakukan berbagai macam terobosan strategis dalam pengembangan pendidikan kemaritiman. Mulai dari pengembangan penelitian tentang kelautan dan perikanan, pengabdian kepada masyarkat serta pengembangan pembelajaran kepada mahasiswa.

Salah satu terobosan strategis yang patut diacungi jempol adalah kegiatan Seminar Internasional Sail Tomini yang digagas oleh Faperik, dengan megnangkat tema tentag Tluk Tomini sebagai Poros Maritim Dunia. Dimana pada kegiatan ini menghadirkan pemateri dari berbagai Negara serta sejumlah pakar dan Guru Besar di bidang perikanan dan kelautan.

Eksistensi dan kontribusi si “Anak Bungsu” ini bahkan mendapatkan apresiasi dari Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. Menurutnya, diusia yang masih sangat muda FPIK justru semakin menunjukkan kontribusi nyata dalam mendukung program Nawacita Pemerintah di bidang Kemaritiman.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi UNG. Meski masih baru namun FPIK mampu berpartisipasi mendukung program pemerintah melalui sumbangsih pemikiran dan saran melalui pengadian di masyrakat,” ungkap Rektor.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo Dr. Drs. Idris Rahim, M.M, mengatakan, dalam mewujudkan cita-cita pemerintah RI sebagai poros Maritim Dunia, dibutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat terutama dari kalangan akademisi dan Perguruan Tinggi.

“UNG harus mengambil peran penting dalam mewujudkan keinginan tersebut, khususnya dalam pengembangan sektor perikanan dan kelautan di Teluk Tomini,” ujar Wagub.

Melalui Forum internasional ini Wagub juga berharap dapat melahirkan sebuah rekomendasi cerdas dan bermanfaat tidak hanya bagi masyarakat disekitar teluk tomini, bahkan bagi seluruh masyrakat Indonesia dalam mewujudkan Poros Maritim Dunia. Rekomendasi tersebut juga kata Wagub, akan sangat penting bagi Pemerintah Pusat dan Provinsi, sebagai referensi dalam mengambil berbagai kebijakan tentang perikanan dan kelautan khususnya di Gorontalo. (GP/wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61