FMIPA Ajukan Banding Akreditasi Prodi Fisika dan Biologi

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 16 April 2016 . 10:22:00

 

GORONTALO – Pada agenda reakreditasi Program Studi (Prodi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) beberapa waktu lalu, 2 Prodi yakni Prodi Fisika dan Biologi berhasil memperoleh akreditasi B “gemuk”. Akan tetapi, capaian B “gemuk” tersebut justru membuat civitas akademika FMIPA belum puas. Olehnya dalam waktu dekat, FMIPA akan mengajukan banding akreditasi terkait hasil yang diperoleh kedua Prodi tersebut ke Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Pada reakreditasi kemarin, Prodi Fisika memperoleh nilai akreditasi 356 dan Biologi meraih nilai akreditasi 354, dan keduanya hanya terpaut tipis untuk meraih nilai akreditasi A yakni 361. Atas hasil tersebut, kami akan melakukan banding akreditasi ke BAN_PT,” ungkap Dekan FMIPA Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd, saat diwawancarai, Jumat (15/4) di ruang kerjanya.

Pengajuan banding kata Prof. Evi, dibolehkan oleh BAN-PT jika akreditasi yang diperoleh Prodi tersebut hanya terpaut tipis dari standar nilai akreditasi A yakni 361. Dan mekanisme pengajuan banding akreditasi dengan mengajukan materi banding akreditasi Prodi ke BAN-PT.

“Untuk persiapan banding, dalam beberapa hari terakhir pimpinan Fakultas bersama Ketua Jurusan dan Ketua Prodi serta tim penyusun borang telah menyusun materi banding. Dan dalam waktu dekat, materi banding tersebut akan kita segera dikirim,” terang Prof. Evi.

Lebih lanjut dijelaskan Prof. Evi, capaian B “gemuk” tersebut tidak sesuai target yang diinginkan Fakultas. Karena memang kedua prodi tersebut sebelumnya ditargetkan oleh FMIPA untuk memperoleh akreditasi A.

Ditargetkannya akreditasi A kepada kedua Prodi tersebut dikarenakan, selain pada akreditasi sebelumnya telah memperoleh B, banyak sekali kemajuan pesat yang dialami oleh Prodi tersebut selama beberapa tahun terakhir, baik itu meliputi aktifitas penelitian, pengabdian masyarakat, prestasi mahasiswa, sarana dan prasarana penunjang aktifitas perkuliahan, serta peningkatan kualitas SDM untuk tenaga pendidik.

“Insya Allah materi banding yang kita ajukan bisa diterima oleh BAN-PT, dan kedua Prodi tersebut bisa memenuhi target akreditasi A seperti yang telah kita cita-citakan bersama,” harap Prov. Evi. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61