FIP Resmikan PKPD dan P3D, Berikut Tugas dan Fungsi Keduanya

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 3 Juni 2021 . 11:01:56

 

GORONTALO – Fakultas Ilmu Pendidikan resmi me-launching dua lembaga yang bernaung dibawah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yakni Pusat Keunggulan Pendidikan Dasar (PKPD) dan Pusat Penerbitan Pendidikan (P3D). Kedua lembaga tersebut merupakan Pusat Keunggulan pertama yang resmi berdiri di UNG.

Menurut Ketua Jurusan PGSD Dr. Candra Cuga, M.Pd, merupakan lembaga yang dibentuk bertujuan untuk mendukung kegiatan penelitian dan publikasi, adapun tugas dan fungsi keduanya memiliki perbedaan.

“Khusus untuk PKPD memiliki tugas dan fungsi mewadahi riset-riset unggulan dan inovasi. Sekaligus memfasilitasi diseminasi hasil riset, database dan kolaborasi penerapan kebijakan yang relevan dengan pendidikan dasar,” jelas Chandra.

Fungsi lain yang dilakukan lembaga ini kata Chandra membangun kemitraan produktif antar lembaga PGSD dan Lembaga Pemerintah serta sektor privat secara Lokal dan Nasional. Kemudian memperkuat kemitraan bidang publikasi, best partices dan pelatihan-pelatihan.

“PKPD juga akan mewadahi pengembangan bidang keilmuan pendidikan dasar dalam merespon perubahan-perubahan global yang berdampak ditingkat lokal dan regional,” kata Chandra.

Sedangkan untuk P3D, lembaga tersebut bertugas mewadahi perluasan publikasi ilmiah yang fokus pada kajian pendidikan dasar dan kebudayaan.

“Selain itu P3D akan memfasilitasi penerbitan dan publikasi hasil riset, buku, monograf dan policy paper pendidikan dasar. Kemudian membangun kemitraan penerbitan dan penguatan kapasias Jurusan PGSD dalam bidang publikasi ilmiah serta promosi kegiatan tridharma,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0