Fatek Lakukan Pembekalan dan Sertifikasi Keahlian

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 24 November 2015 . 16:01:00

 

GORONTALO – Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan mulai diterapkan dalam waktu dekat, Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Negeri Gorontalo terus melakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan lulusannya dalam menghadapi MEA. Diantaranya melalui Pembekalan dan Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Muda, Senin (23/11). Di Training Center UNG.

Dekan Fakultas Teknik UNG Moh. Hidayat Koniyo, S.T, M.Kom, mengatakan, pembinaan keahlian mahasiswa merupakan salah satu tanggung jawab Fatek sebagai lembaga pendidikan. Terlebih dalam menghadapi MEA, keahlian tersebut merupakan bekal penting dalam menghadapi pasar bebas yang mulai berlaku ditahun depan.

“Salah satu visi Fakultas Teknik yakni meningkatkan kompetensi lulusan sehingga dapat bersaing menghadapi persaingan didunia kerja. Diantaranya melalui pembinaan maupun pembekalan kompetensi,” ungkap Hidayat.

Beragam strategi lainnya kata Hidayat, terus dilakukan Fatek dalam mendukung upaya tersebut, yakni melalui pembenahan kurikulum perkuliahan yang menjurus pada standar akreditasi internasional. Salah satu fokus lainnya dengan melakukan sertifikasi atas keahlian para lulusan.

Sementara itu, Wakil Rektor II Eduart Wolok, S.T, M.T, menuturkan, pembekalan dan sertifikasi keahlian merupakan agenda penting seiring dengan tugas berat yang diemban Fatek dimasa mendatang, dalam mewujudkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi. Terlebih untuk bisa besaing dalam MEA lulusan dituntut untuk dapat memenuhi kualifikasi dan kompetensi, dan salah satu wadah dalam membuktikan 2 hal tersebut melalui sertifikasi.

“Salah satu cara dalam mengukur kualifikasi seseorang diantaranya melalui kepemilikan sertifikasi yang menjadi standar internasional. Karena dengan sertifikasi tersebut lulusan akan benar-benar diakui keahliannya,” tuturnya.

Dalam pembinaan dan sertifikasi kali ini Fakultas Teknik UNG menggandeng sejumlah lembaga sebagai mitra diantaranya Lembaga Sertifikasi Tenaga Teknik Indonesia (LSPTTI), Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI), serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0