Fatek Lakukan Pembekalan dan Sertifikasi Keahlian

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 24 November 2015 . 16:01:00

 

GORONTALO – Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan mulai diterapkan dalam waktu dekat, Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Negeri Gorontalo terus melakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan lulusannya dalam menghadapi MEA. Diantaranya melalui Pembekalan dan Sertifikasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Muda, Senin (23/11). Di Training Center UNG.

Dekan Fakultas Teknik UNG Moh. Hidayat Koniyo, S.T, M.Kom, mengatakan, pembinaan keahlian mahasiswa merupakan salah satu tanggung jawab Fatek sebagai lembaga pendidikan. Terlebih dalam menghadapi MEA, keahlian tersebut merupakan bekal penting dalam menghadapi pasar bebas yang mulai berlaku ditahun depan.

“Salah satu visi Fakultas Teknik yakni meningkatkan kompetensi lulusan sehingga dapat bersaing menghadapi persaingan didunia kerja. Diantaranya melalui pembinaan maupun pembekalan kompetensi,” ungkap Hidayat.

Beragam strategi lainnya kata Hidayat, terus dilakukan Fatek dalam mendukung upaya tersebut, yakni melalui pembenahan kurikulum perkuliahan yang menjurus pada standar akreditasi internasional. Salah satu fokus lainnya dengan melakukan sertifikasi atas keahlian para lulusan.

Sementara itu, Wakil Rektor II Eduart Wolok, S.T, M.T, menuturkan, pembekalan dan sertifikasi keahlian merupakan agenda penting seiring dengan tugas berat yang diemban Fatek dimasa mendatang, dalam mewujudkan lulusan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi. Terlebih untuk bisa besaing dalam MEA lulusan dituntut untuk dapat memenuhi kualifikasi dan kompetensi, dan salah satu wadah dalam membuktikan 2 hal tersebut melalui sertifikasi.

“Salah satu cara dalam mengukur kualifikasi seseorang diantaranya melalui kepemilikan sertifikasi yang menjadi standar internasional. Karena dengan sertifikasi tersebut lulusan akan benar-benar diakui keahliannya,” tuturnya.

Dalam pembinaan dan sertifikasi kali ini Fakultas Teknik UNG menggandeng sejumlah lembaga sebagai mitra diantaranya Lembaga Sertifikasi Tenaga Teknik Indonesia (LSPTTI), Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI), serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61