Fatek Diseminasikan Hasil Penelitian Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 Agustus 2015 . 08:13:20

 

GORONTALO – Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo kembali menggelar Diseminasi Hasil Penelitian Mahasiswa Jurusan Informatika, Kamis (13/8). Di Aula Fakultas Teknik. Diseminasi kali ini, menghadirkan sejumlah perwakilan instansi swasta maupun pemerintah, yang menjadi objek dari setiap penelitian mahasiswa tersebut.

“Untuk diseminasi kali ini, Jurusan Informatika akan melakukan publikasi sebanyak 36 hasil penelitian mahasiswa,” ungkap Rampi Yusuf, S.Kom, M.T, selaku Ketua Panitia Kegiatan.

Dijelaskan Rampi, jumlah hasil penelitian yang dipublikasikan, mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelumnya. Pada diseminasi sebelumnya jumlah penelitian yang dipublikasi hanya sebanyak 20 penilitian saja, sedangkan kali ini jumlahnya mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat. “Kegiatan diseminasi ini merupakan salah satu program rutin dari Fakultas, dan Alhamdulillah jumlah penelitan terus mengalami peningkatan,” ujar Rampi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, S.Kom, M.T, mengatakan, Fakultas Teknik sebagai fakultas yang menghasilkan penelitian berupa riset, memiliki kewajiban untuk mempublikasikan berbagai informasi penelitian mahasiswa di lingkungannya. Terlebih dalam penelitian yang dilakukan, mahasiswa turut melibatkan berbagai instansi pemerintah maupun swasta sebagai objek penelitian dan pengumpulan data.

“Publikasi penelitian kepada masyarakat adalah sebuah kewajiaban dari Perguruan Tinggi. Dan Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan riset tersebut untuk kepentingan khalayak umum,” terang Hidayat.

Diseminasi ini kata Hidayat, merupakan sebuat instrument penting, karena hal tersebut tentunya akan berdampak akreditasi bagi Program Studi di Jurusan Informatika. Terlebih saat ini UNG tengah getol meningkatkan akreditasi dari seluruh prodi, dan publikasi penelitian memiliki point penting dalam mendukung Prodi mewujudkan akreditasi yang lebih baik lagi.

“Ini juga sebagai sarana untuk mensosialisasikan Fakultas teknik kepada khalayak umum melalui prestasi yang ditorehkan khususnya dalam berbagai hasil riset yang dilakukan mahasiswa,” pungkasnya. #

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0