Fatek Diseminasikan Hasil Penelitian Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 Agustus 2015 . 08:13:20

 

GORONTALO – Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo kembali menggelar Diseminasi Hasil Penelitian Mahasiswa Jurusan Informatika, Kamis (13/8). Di Aula Fakultas Teknik. Diseminasi kali ini, menghadirkan sejumlah perwakilan instansi swasta maupun pemerintah, yang menjadi objek dari setiap penelitian mahasiswa tersebut.

“Untuk diseminasi kali ini, Jurusan Informatika akan melakukan publikasi sebanyak 36 hasil penelitian mahasiswa,” ungkap Rampi Yusuf, S.Kom, M.T, selaku Ketua Panitia Kegiatan.

Dijelaskan Rampi, jumlah hasil penelitian yang dipublikasikan, mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelumnya. Pada diseminasi sebelumnya jumlah penelitian yang dipublikasi hanya sebanyak 20 penilitian saja, sedangkan kali ini jumlahnya mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat. “Kegiatan diseminasi ini merupakan salah satu program rutin dari Fakultas, dan Alhamdulillah jumlah penelitan terus mengalami peningkatan,” ujar Rampi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Moh. Hidayat Koniyo, S.Kom, M.T, mengatakan, Fakultas Teknik sebagai fakultas yang menghasilkan penelitian berupa riset, memiliki kewajiban untuk mempublikasikan berbagai informasi penelitian mahasiswa di lingkungannya. Terlebih dalam penelitian yang dilakukan, mahasiswa turut melibatkan berbagai instansi pemerintah maupun swasta sebagai objek penelitian dan pengumpulan data.

“Publikasi penelitian kepada masyarakat adalah sebuah kewajiaban dari Perguruan Tinggi. Dan Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan riset tersebut untuk kepentingan khalayak umum,” terang Hidayat.

Diseminasi ini kata Hidayat, merupakan sebuat instrument penting, karena hal tersebut tentunya akan berdampak akreditasi bagi Program Studi di Jurusan Informatika. Terlebih saat ini UNG tengah getol meningkatkan akreditasi dari seluruh prodi, dan publikasi penelitian memiliki point penting dalam mendukung Prodi mewujudkan akreditasi yang lebih baik lagi.

“Ini juga sebagai sarana untuk mensosialisasikan Fakultas teknik kepada khalayak umum melalui prestasi yang ditorehkan khususnya dalam berbagai hasil riset yang dilakukan mahasiswa,” pungkasnya. #

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61