Faperta Dorong Pembuatan Jurnal Ilmiah Terindeks Internasional

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 Maret 2017 . 08:42:55

 

GORONTALO - Jurnal ilmiah merupakan salah satu karya yang dihasilkan oleh tenaga pendidik di lingkungan Perguruan Tinggi. Untuk menggenjot kualitas maupun kuantitas Jurnal ilmiah tersebut, Fakultas Pertanian senantiasa mendorong para Dosen untuk dapat menghasilkan karja Jurnal Ilmiah, dengan melakukan Workshop Standarisasi, Indeksasi, Penulisan dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis Open Jurnal System (OJS), Jumat (10/3), di Aula Perpustakaan UNG.

Dekan Faperta Dr. Mohamad Ikbal Bahua, SP., M.Si menuturkan melalui Workshop, Faperta berkeinginan menjadi dorong potensi minat dan bakat para dosen, membuat tulisan dalam bentuk jurnal yang terindeks Internasional. Hal tersebut mengingat belum seluruh dosen di lingkungan Faperta, memahami dan memiliki kemampuan menulis artikel maupun jurnal sesuai standar yang ditetapkan jurnal internasional terakreditasi.

Menurut Dr. Ikbal, dosen di lingkungan Faperta memiliki potensi besar untuk dapat membuat artikel yang terindeks dibidang ilmu pertanian, karena seluruhnya merupakan pakar dibidang tersebut. Akan tetapi karena kurangnya pemahaman akan standar dari penyusunan jurnal internasional terakreditasi menjadi salah satu hambatan dalam menggenjot publikasi artikel maupun jurnal internasional.

"Insya Allah melalui Workhsop, seluruh dosen dapat memperoleh pencerahan terkait standar penulisan artikel dan jurnal internasional terakreditasi. Sehingga kualitas dan kuantitas penulisan artikel tersebut dapat lebih meningkat," terang Dr. Ikbal.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruwadi, MP, mengapresiasi Workshop penulisan dan pengelolaan jurnal ilmiah yang dilakukan Faperta. Melalui Workshop ini sangat penting seiring dengan akan diberlakukannya Permen Ristekdikti No. 20 Tahun 2017.

"Dalam Permen Ristekdikti tersebut dosen dituntut untuk dapat menggiatkan publikasi jurnal nasional maupun internasional. Sehingga diperlukan kiat-kiat bagi dosen dalam meningkatkan kualitas artikel maupun jurnal melalui workshop," terang Prof. Mahludin.

Dikatakan Prof. Mahludin, dalam membuat artikel maupun jurnal nasional maupun internasional bukan hal mudah. Olehnya dibutuhkan pemahaman bagi dosen untuk mampu menyumbangkan jurnal dengan sesuai standar berlaku.

Pada Workshop Standarisasi, Indeksasi, Penulisan dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berbasis OJS, menghadirkan pemateri Muhammad Arsyad, Ph.D, sebagai pengelola jurnal internasional di Universitas Hasanuddin Makassar. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61