Faperta Desain Kurikulum Sesuai Ciri Fakultas

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 13 November 2015 . 08:36:02

 

GORONTALO – Dalam upaya penyelarasan kurikulum pendidikan, Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo melakukan pengembangan kurikulum sesuai dengan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI), melalui kegiatan Lokakarya Kurikulum, Kamis (12/12). Di Hotel Maharani Gorontalo.

Ketua Panitia Abdul Hamid Arsyad, S.Pt, M.Si mengatakan, selain sebagai bentuk penyegaran, lokarya kurikulum juga bertujuan untuk mendesain kurikulum yang akan digunakan, sesuai dengan ciri dari Fakultas Pertanian.

“Setiap Jurusan Faperta telah memiliki kurikulum penciri masing-masing jurusan. Dan pada kesempatan ini, seluruh elemen Faperta akan bersama-sama merumuskan kurikulum penciri Fakultas yang berbasis budaya dan inovasi,” ungkap Hamid.

Senada dengan Hamid, Dekan Fakultas Pertanian UNG Dr. Ikbal Bahua, S.P, M.Si mengatakan, dengan memiliki beragam jurusan berbeda dengan ciri masing-masing, kurikulum Fakultas pertanian harus memiliki penciri tersendiri yang dapat merangkul ciri tiap jurusan yang bernaung dibawahnya. Karena penciri tersebut akan mengarah pada visi dan misi dari Fakultas itu sendiri.

“Dengan mendesai kurikulum penciri Fakultas ini, diharapkan akan terjadi sinkronisasi kurikulum yang baik. Sehingga kedepan Fakultas ini dapat melahirkan alumni yang semakin kualitas,” harap Ikbal.

Sementara itu Wakil Rektor I Prof. Dr. Mahludi Baruadi, M.P dalam arahanya mengungkapkan, pada tahun kedua dalam perubahan Kementerian, UNG diminta untuk dapat melakukan perubahan kurikulum secara total sesuai dengan penciri Universitas, Fakultas dan Program Studi. Penciri Universitas kata Mahludin lebih mengarah pada perubahan perilaku. Untuk penciri ditingkat Fakultas, terbagi atas perubahan perilaku dan keilmuan, sedangkan ditingkat Prodi lebih terfokus pada keilmuan.

“Kurikulum yang mengacu Ketiga penciri tersebut, dapat mewujudkan kualitas pendidikan yang semakin baik lagi,” tandasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61