Expo Wirausaha Wadahi Semangat Mahasiswa Menjadi Pengusaha Muda

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 November 2017 . 09:14:05

 

GORONTALO - Penguatan kemampuan mahasiswa dibidang softskill bidang wirausaha dilakukan UNG dalam menciptakan lulusan yang memiliki kapasitas unggul. Salah satu bentuk penguatan Softskill dengan memberikan wadah melalui pagelaran Expo Wirausaha mahasiswa UNG, Selasa (14/11),.

Pagelaran wirausaha tahunan yang dipusatkan di Gedung Indoor UNG tersebut, diikuti puluhan kelompok Wirausaha muda mahasiswa UNG. Berbagai produk hasil kreatifitas dipamerkan dan diperjualbelikan, baik itu produk kreatifitas makanan olahan, produk jasa dan pakaian khususnya kreasi Karawo, serta berbagai produk Wirausaha lainnya.

Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, mengatakan, pengembangan kemampuan mahasiswa berwirausaha menjadi salah satu fokus pembobotan kemampuan mahasiswa di UNG. Hal dilakukan agar lulusan UNG tidak hanya unggul dari segi akademik semata, namun juga dibarengi dengan kemampuan menjadi dalam berwirausaha.

"Dengan terus memberikan wadah berwirausaha, UNG ingin menghasilkan mahasiswa unggul kreatif. Serta mampu membuka lapangan kerja sendiri dengan berwirausaha," ungkap Rektor.

Dalam penguatan semangat dan nilai-nilai berwirausaha dapat memberikan efek positif bagi pengembangan karakter mahasiswa. Karena melalui berwirausaha, mahasiswa diasah untuk menjadi pribadi yang mandiri, produktif, kreatif dan inovatif.

"Nilai-nilai tersebut sangat penting bagi mahasiswa sebagai bekal untuk bisa bersaing ketika lulusan dari UNG, dan terjun kembali ke masyarakat," terangnya.

Sementara itu Pengelola Wirausaha Mahasiswa UNG Dra. Lailany Yahya, M.Pd, menuturkan, Expo Wirausaha menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sebagai upaya mewadahi semangat berwirausaha mahasiswa. Melalui Expo, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya mempromosikan kreatifitas produk Wirausahanya, namun juga memasarkan produk kepada masyarakat.

"Ini lebih kepada memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk terjun menjadi seorang pengusaha. Dan diharapkan melalui expo ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman untuk bisa serius terjun menjadi pengusaha," pungkasnya Lailany. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61