Expo Wirausaha Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 November 2015 . 21:55:00

Wujud Keseriusan UNG dalam Pengembangan Wirausaha

 

GORONTALO – Mewujudkan pilar pembangan Softskill mahasiswa dibidang wirausaha, menjadi salah satu fokus UNG dalam mewujudkan Leading University di tahun 2035. Keseriusan tersebut tidak hanya diwujudkan dengan pembekalan pengetahuan wirausaha semata, Namun juga dengan menyediakan wadah mahasiswa dalam memasarkan hasil kreatifitas wirausaha yang dirintis mahasiswa. Salah satunya melalui kegiatan Expo Wirausaha Mahasiswa, Jumat (13/11). Di Gedung Indoor UNG.

Kegiatan Expo Wirausaha yang digagas Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) dihadiri langsung Ketua Komisi XI DPR-RI Dr. Ir. Fadel Muhammad, Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari, Kepala Perwakilan BI, serta Kepala Bank BRI.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd mengungkapkan, saat ini pembinaan wirausaha menjadi fokus UNG dalam menggembleng mahasiswa. Hal ini karena UNG berkeinginan tidak hanya mencetak mahasiswa yang memiliki kualitas intelektual semata, juga dibarengi dengan Kemampuan berwirausaha.

“Melalui wirausaha kami ingin mencetak mahasiswa yang kreatif dan memiliki nilai juang tinggi di masyarakat,” ungkap Rektor.

Dalam pengembangan wirausaha kata UNG masih menghadapi beberapa kendala diantaranya, kurangnya sumber pendanaan yang dimiliki UNG dalam memberikan modal kepada mahasiswa dalam merintis usaha yang mereka tekuni.

“Pengembangan wirausaha UNG memang memiliki dana internal serta bantuan dari DIKTI, namun dana tersebut belum mampu mencover seluruh kelompok usaha. Salah satu solusi yang dilakukan dengan melakukan berbagai kerjasama dalam mendukung program wirausaha ini,” ujar Rektor.

 

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd bersama Ketua Komisi XI Dr. Ir. Fadel Muhammad serta Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari tengah mengunjungi satu persatu stand wirausaha mahasiswa, Jumat (13/11). Expo Wirausaha akan dilaksanakan selama 2 hari terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya pameran dan bazar wirausaha, lomba proposal wirausaha dan pameran serta beragam kegiatan lainnya. (Foto:Humas/Ismet/Rachmad)

 

Ketua Komisi XI Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan, kemampuan berwirausaha sangat penting dimiliki mahasiswa. Karena wirausaha yang dirintis mahasiwa merupakan salah satu solusi dalam membuka lapangan kerja baru yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai seorang wirausahawan, saya berkomitmen untuk mendukung penuh seluruh program wirausaha di UNG. Bersama dengan Bank Indonesia akan kami diskusikan apa saja kekurangan yang perlu diperbaiki dalam menggenjot kegiatan wirausaha,” terang Fadel.

Sementara itu Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari memberikan apresiasi pelaksanaan Expo Wirausaha mahasiswa di UNG. Menurutnya, dari berbagai Expo wirausaha yang pernah dikunjungi, hanya di Gorontalo yang suasananya sangat dinamis dan positif. Ini terlihat dengan banyaknya kaum muda yang berpartisipasi dalam expo kali ini.

“Kedepan kegiatan semacam ini harus terus berlanjut sebagai wadah menciptakan calon enterpreneur muda. Dan BI akan senantiasa memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan serta prasarana,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61