Expo Wirausaha Mahasiswa

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 15 November 2015 . 21:55:00

Wujud Keseriusan UNG dalam Pengembangan Wirausaha

 

GORONTALO – Mewujudkan pilar pembangan Softskill mahasiswa dibidang wirausaha, menjadi salah satu fokus UNG dalam mewujudkan Leading University di tahun 2035. Keseriusan tersebut tidak hanya diwujudkan dengan pembekalan pengetahuan wirausaha semata, Namun juga dengan menyediakan wadah mahasiswa dalam memasarkan hasil kreatifitas wirausaha yang dirintis mahasiswa. Salah satunya melalui kegiatan Expo Wirausaha Mahasiswa, Jumat (13/11). Di Gedung Indoor UNG.

Kegiatan Expo Wirausaha yang digagas Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) dihadiri langsung Ketua Komisi XI DPR-RI Dr. Ir. Fadel Muhammad, Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari, Kepala Perwakilan BI, serta Kepala Bank BRI.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd mengungkapkan, saat ini pembinaan wirausaha menjadi fokus UNG dalam menggembleng mahasiswa. Hal ini karena UNG berkeinginan tidak hanya mencetak mahasiswa yang memiliki kualitas intelektual semata, juga dibarengi dengan Kemampuan berwirausaha.

“Melalui wirausaha kami ingin mencetak mahasiswa yang kreatif dan memiliki nilai juang tinggi di masyarakat,” ungkap Rektor.

Dalam pengembangan wirausaha kata UNG masih menghadapi beberapa kendala diantaranya, kurangnya sumber pendanaan yang dimiliki UNG dalam memberikan modal kepada mahasiswa dalam merintis usaha yang mereka tekuni.

“Pengembangan wirausaha UNG memang memiliki dana internal serta bantuan dari DIKTI, namun dana tersebut belum mampu mencover seluruh kelompok usaha. Salah satu solusi yang dilakukan dengan melakukan berbagai kerjasama dalam mendukung program wirausaha ini,” ujar Rektor.

 

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd bersama Ketua Komisi XI Dr. Ir. Fadel Muhammad serta Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari tengah mengunjungi satu persatu stand wirausaha mahasiswa, Jumat (13/11). Expo Wirausaha akan dilaksanakan selama 2 hari terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya pameran dan bazar wirausaha, lomba proposal wirausaha dan pameran serta beragam kegiatan lainnya. (Foto:Humas/Ismet/Rachmad)

 

Ketua Komisi XI Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan, kemampuan berwirausaha sangat penting dimiliki mahasiswa. Karena wirausaha yang dirintis mahasiwa merupakan salah satu solusi dalam membuka lapangan kerja baru yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai seorang wirausahawan, saya berkomitmen untuk mendukung penuh seluruh program wirausaha di UNG. Bersama dengan Bank Indonesia akan kami diskusikan apa saja kekurangan yang perlu diperbaiki dalam menggenjot kegiatan wirausaha,” terang Fadel.

Sementara itu Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari memberikan apresiasi pelaksanaan Expo Wirausaha mahasiswa di UNG. Menurutnya, dari berbagai Expo wirausaha yang pernah dikunjungi, hanya di Gorontalo yang suasananya sangat dinamis dan positif. Ini terlihat dengan banyaknya kaum muda yang berpartisipasi dalam expo kali ini.

“Kedepan kegiatan semacam ini harus terus berlanjut sebagai wadah menciptakan calon enterpreneur muda. Dan BI akan senantiasa memberikan dukungan dalam bentuk pelatihan serta prasarana,” pungkasnya. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0