Ekstrak Kering Teripang Laut Dapat Mengobati Kerusakan Hati

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 14 Maret 2018 . 09:10:00

 

GORONTALO – Teripang laut merupakan hewan laut yang tersebar di zona pasang surut hingga zona terdalam di seluruh dunia, yang memiliki beragam manfaat. Bahkan Dosen Jurusan Farmasi Dr. Widy Susanti Abdulkadir, S.Si, M.Si, Apt, juga menemukan salah satu manfaat besar lainnya dari mahluk laut tersebut untuk kesehatan.

Melalui penelitian dengan judul ekstrak kering teripang laut (holothuria scabra) sebagai hepatoptotektor akibat pemberian dosis hepatotoksik parasetamol, Dr. Widysusanti menemukan manfaat teripang laut sebagai obat untuk peradangan atau kerusakan hati.

“Teripang laut bisa sebagai suplemen yang dapat melindungi sel hati, dari berbagai kerusakan akibat penggunaan obat-obatan jangka panjang seperti parasetamol,” ungkap Dr. Widy Susanti.

Manfaat teripang laut tersebut diperoleh Dr. Widy Susanti setelah melalui serangkaian ujicoba laboratorium menggunakan hewan percobaan. Dimana melalui percobaan tersebut diberikan obat berupa paracetamol dengan dosis hepatotoksik, hingga mengalami peradangan hati ditandai dengan nilai enzim SGOT dan SGPT tinggi.

“Kemudian hewan tersebut diberikan ekstrak teripang laut selama tujuh hari berturut-turut dengan dosis tertentu, dengan menghasilkan penurunan dan perbaikan nilai SGOT dan SGPT pada hati,” jelasnya.

Untuk menghasilkan ekstrak teripang yang bisa digunakan tersebut melalui pengelolahan teripang laut segar, yang kemudian dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Selanjutnya dipotong-potong bagian teripang untuk selanjutnya diekstraksi menggunakan pelarut organik untuk memperoleh ekstrak cair, yang kemudian dipekatkan sebagai ekstrak kering teripang laut dalam bentuk kapsul.

Lebih lanjut Dr. Widy Susanti menjelaskan, penelitian tentang teripang sudah dimulai sejak tahun 2009, sedangkan untuk ekstrak teripang dilakukan mulai tahun 2016 melalui Penelitian Produk Terapan yang didanai Kementerian Ristekdikti.

“Penelitian ini akan berlanjut ditahun 2018 untuk standarisasi produk dan jika ditahun 2019 kembali lolos dalam pendanaan dapat dilanjutkan untuk ujicoba praklinik fase 1 pada manusia sehat,” terang wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Farmasi UNG. (wahid)

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0