Dosen UNG Dilatih Sebagai Mentor Wirausaha

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Agustus 2015 . 10:58:25

GORONTALO – Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) menggelar Pelatihan Mentor Bagi Pengelola Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Dosen Kewirausahaan di lingkungan Univeristas Negeri Gorontalo, selasa (18/8). Di Aula Fakultas Teknik. Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Fence M Wantu, M.H,.

Direktur Pusat Kegiatan Mahasiswa UNG Irwan Yantu, S.Pd., M.Si mengungkapkan, dihelatnya pelatihan wirausaha ini didorong oleh permintaan dari elemen kampus merah maroh, terutama para dosen yang mengampuh mata kuliah kewirausahaan dan pengelola kewirausahaan mahasiswa. Terlebih sejak terbentuknya program kewirausahaan UNG pada tahun 2009, belum pernah dilakukan pelatihan mentor wirausaha dan dosen kewirausahaan.

“Pelatihan mentor kali ini kami mendatangkan pemateri, yakni salah seorang dosen dari Universitas Negeri Jakarta Evi Karlina, M.Pd, Kons yang telah sukses sebagai salah satu mentor wirausaha di UNJ,” ungkap Irwan.

Senada dengan Irwan, Ketua Pengelola PMW UNG Ucok Hasian Refiater, S.Pd, M.Pd, mengaku bahwa pelatihan ini merupakan salah satu agenda penting dalam menggairahkan kembali kewirausahaan mahasiswa. Nantinya para dosen kata Ucok, diharapkan dapat memberikan pendampingan secara berkesinambungan mahasiswa, dalam menjalankan berbagai wirausaha yang akan dirintis. “Pendampingan harus dilakukan, agar nantinya program wirausaha dari mahasiswa UNG dapat terealisasi dengan baik. Sebelum mendampingi mahasiswa, para mentor terlebih dahulu dibekali berbagai pengetahuan kewirausahaan,” terang Ucok.

Sementara itu Wakil Rektor III Dr. Fence M Wantu, M.H, menambahkan, bahwa selama beberapa tahun terakhir berbagai program wirausaha mahasiswa UNG mengalami keadaan pasang-surut, yang disebabkan berbagai kendala. Namun kendala-kendala terus diupayakan untuk dicarikan solusi, dan untuk bisa kembali mendongkrak program wirausaha di Kampus Merah Maron, Fence mengaku terus melakukan berbagai terobosan melalui PKM. Salah satu diantaranya dengan melakukan pelatihan mentor bagi pengelola kewirausahaan dan dosen pengampuh mata kuliah kewirausahaan.

“Selain itu setiap tahunnya gencar mengadakan pembimbingan wirausaha kepada mahasiswa, dengan mendatangkan para tokoh wirausahawan Nasional. Dimana seluruhnya diharapkan dapat bermuara pada peningkatan kewirausahaan di UNG,” pungkasnya. #

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61