Dosen UNG Dilatih Sebagai Mentor Wirausaha

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 19 Agustus 2015 . 10:58:25

GORONTALO – Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) menggelar Pelatihan Mentor Bagi Pengelola Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Dosen Kewirausahaan di lingkungan Univeristas Negeri Gorontalo, selasa (18/8). Di Aula Fakultas Teknik. Kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Fence M Wantu, M.H,.

Direktur Pusat Kegiatan Mahasiswa UNG Irwan Yantu, S.Pd., M.Si mengungkapkan, dihelatnya pelatihan wirausaha ini didorong oleh permintaan dari elemen kampus merah maroh, terutama para dosen yang mengampuh mata kuliah kewirausahaan dan pengelola kewirausahaan mahasiswa. Terlebih sejak terbentuknya program kewirausahaan UNG pada tahun 2009, belum pernah dilakukan pelatihan mentor wirausaha dan dosen kewirausahaan.

“Pelatihan mentor kali ini kami mendatangkan pemateri, yakni salah seorang dosen dari Universitas Negeri Jakarta Evi Karlina, M.Pd, Kons yang telah sukses sebagai salah satu mentor wirausaha di UNJ,” ungkap Irwan.

Senada dengan Irwan, Ketua Pengelola PMW UNG Ucok Hasian Refiater, S.Pd, M.Pd, mengaku bahwa pelatihan ini merupakan salah satu agenda penting dalam menggairahkan kembali kewirausahaan mahasiswa. Nantinya para dosen kata Ucok, diharapkan dapat memberikan pendampingan secara berkesinambungan mahasiswa, dalam menjalankan berbagai wirausaha yang akan dirintis. “Pendampingan harus dilakukan, agar nantinya program wirausaha dari mahasiswa UNG dapat terealisasi dengan baik. Sebelum mendampingi mahasiswa, para mentor terlebih dahulu dibekali berbagai pengetahuan kewirausahaan,” terang Ucok.

Sementara itu Wakil Rektor III Dr. Fence M Wantu, M.H, menambahkan, bahwa selama beberapa tahun terakhir berbagai program wirausaha mahasiswa UNG mengalami keadaan pasang-surut, yang disebabkan berbagai kendala. Namun kendala-kendala terus diupayakan untuk dicarikan solusi, dan untuk bisa kembali mendongkrak program wirausaha di Kampus Merah Maron, Fence mengaku terus melakukan berbagai terobosan melalui PKM. Salah satu diantaranya dengan melakukan pelatihan mentor bagi pengelola kewirausahaan dan dosen pengampuh mata kuliah kewirausahaan.

“Selain itu setiap tahunnya gencar mengadakan pembimbingan wirausaha kepada mahasiswa, dengan mendatangkan para tokoh wirausahawan Nasional. Dimana seluruhnya diharapkan dapat bermuara pada peningkatan kewirausahaan di UNG,” pungkasnya. #

Agenda

23 Januari 2024

Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja Program dan Anggaran UNG Tahun 2024

.

16 Januari 2024

Seminar Pembukaan Seleksi Beasiswa LPDP

Seleksi Beasiswa LPDP Tahap I Tahun 2024, pukul 10.00 WITA di lantai 4 rektorat UNG

11 Januari 2024

Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Sosialisasi dan Promosi SNPMB 2024 Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 UNG

9 Januari 2024

Penandatanganan MoU antara UNG dengan Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu

MOU MBKM PEMILU untuk Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif

Established
In

1993

as STKIP N. Gorontalo

Student
body

22350

from 27 province

Number of
Lecturers

894

from 85 majors

University
rank

13

at BLU Category

Keseluruhan

0

Hari Ini

0

Kemarin

0