Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dukung Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini

Oleh: Abdul Wahid Rauf . 6 Maret 2021 . 12:12:13

 

GORONTALO - Direkur Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Yusharto Huntuyungo, M.Pd., mendukung program pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Perdesaan Teluk Tomini. Hal ini disampaikan pada Pre Regional Meeting yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Gorontalo pada Kamis (4/3), di Hotel TC Damhil UNG.

"Saya benar-benar ingin bersama bapak dan ibu untuk proses pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini", ungkapnya.

Yusharto menuturkan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorart Jendral Pemerintahan Desa melihat Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Perdesaan Teluk Tomini sangat penting, karena berkaitan dengan kawasan perdesaan. Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa tidak hanya mengatur desa tetapi juga mengatur perdesaan. Perdesaan ini yang dimaksud adalah kawasan yang meliputi beberapa desa yang dikembangkan secara bekerja sama antar desa dan dibina oleh pemerintah kabupaten atau kota yang masih memiliki desa dalam wilayahnya.

"Dengan peran itu maka menjadi sangat relevan apabila kita membahas Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus yang berbasis kawasan perdesaan", ungkapnya.

Yusharto meyakini bahwa semangat untuk bisa mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini menjadi sangat relevan dan sangat penting saat ini.

"Kami optimis karena memang potensi yang ada di kawasan ekonomi khusus yang sedang digagas sekarang dengan berbagai latar belakang yang sudah digambarkan oleh Rektor UNG ini masih sangat-sangat terbuka untuk kita kembangkan", kata Yusharto.

Tujuan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus adalah untuk memberikan perlindungan atas potensi dan memberikan kemudahan berusaha kepada para pelaku usaha yang ada di Kawasan Teluk Tomini.

"Diharapkan kawasan Teluk Tomini yang disebutkan memiliki luas sekitar 137.700 km2 dengan panjang pantai sekitar 1350km ini dapat didaya-gunakan dengan sebaik-baiknya", harapnya.

Agenda

2 Mei 2020

Webinar Hardiknas 2020

Seminar Online dalam rangka Hari Pendidikan Nasional dengan Narasumber, Dr. Eduart Wolok, ST, MT, Karmila Machmud, MA, Ph.D, Drs. Amin Nusi, M.Pd. Disiarkan langsung dari Fanspage Facebook Universitas Negeri Gorontalo

2 Desember 2019

Job Fair Media Group

Dalam Job Fair kali ini, perusahaan Media Grup akan membuka rekrutmen tenaga kerja untuk seluruh kelompok usaha yang bernaung dibawahnya, mulai dari perusahaan media cetak, percetakan, penyiaran, Daring, Properti, Event Organizer, Sumber Daya Alam dan beberapa kelompok usaha lainnya.

2 Desember 2019

Kuliah Umum 4 Pilar Kebangsaan dan Kepemimpinan 2030

Kuliah Umum oleh Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) yang akan membahas empat pilar kebangsaan dan kepemimpinan 2030 di Gedung Auditorium Universitas Negeri Gorontalo

26 September - 01 Oktober 2018

Hibah eLearning IDB7in1

PIU IDB7in1 UNG memberikan kesempatan untuk dosen yang berminat untuk menyusun modul eLearning langsung pada situs elearning IDB7in1. Untuk user bisa menghubungi email : elearningidb7in1@ung.ac.id
Info lengkap di http://elearning-idb7in1.ung.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=61